Menyusul OI, Lahan di Sungai Rengit Banyuasin Juga Terjadi Karhutla

Proses pemadaman karhutla di Sungai Rengit masih berlangsung

Intinya Sih...

  • Karhutla kembali melanda wilayah Sumsel setelah kebakaran di Kabupaten Ogan Ilir.
  • Pemadaman masih berlangsung di Sungai Rengit, Banyuasin, tim fokus pada proses pemadaman.
  • Penetapan status siaga darurat dilakukan setelah tiga wilayah kabupaten dan kota telah mengeluarkan status siaga.

Banyuasin, IDN Times - Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) kembali melanda wilayah Sumsel. Setelah kebakaran melanda Kabupaten Ogan Ilir dengan luasan lahan 1 Hektare (Ha), sepekan berselang kembali melanda wilayah Banyuasin, Selasa (2/7/2024).

Kepala Balai Pengendalian Perubahan Iklim Kebakaran Hutan dan Lahan (BPPIKHL) Wilayah Sumatera, Ferdian Kristianto, membenarkan kejadian karhutla tersebut. Menurutnya tim masih berada di lapangan melakukan pemadaman.

"Kejadian tadi siang di Sungai Rengit, Talang Kelapa, Banyuasin. Teman-teman di lapangan masih fokus pemadaman," ungkap Ferdian, Selasa (2/7/2024).

Baca Juga: Pj Gubernur Sumsel Petakan Langkah Kolaborasi Penanganan Karhutla

1. Luasan lahan terbakar belum diketahui

Menyusul OI, Lahan di Sungai Rengit Banyuasin Juga Terjadi KarhutlaKebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Wilayah Ogan Ilir (Dok: Mangga Agni)

Ferdian menyebutkan pihaknya tengah fokus pada proses pemadaman. Belum diketahui dari mana api pertama kali muncul, namun tim sudah berada di TKP sejak pukul 14.00 WIB.

"Kita belum tahu. Nanti setelah tuntas pemadaman baru bisa diperkirakan luasnya," beber dia.

Baca Juga: Sumsel Pinjam 8 Helikopter BNPB untuk Penanganan Karhutla

2. Titik api mengalami peningkatan

Menyusul OI, Lahan di Sungai Rengit Banyuasin Juga Terjadi KarhutlaKebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Wilayah Ogan Ilir (Dok: Mangga Agni)

Dari data lokasi karhutla, wilayah Sungai Rengit Kabupaten Banyuasin menjadi langganan karhutla saat memasuki musim kemarau. Upaya mencegah karhutla terus dilakukan karena titik panas mulai tercatat naik di Sumsel.

"Ada peningkatan hotspot dipantau dari data Sipongi KLHK dibandingkan hari sebelumnya. Kondisi cuaca memang tengah panas," jelas dia.

Baca Juga: Sumsel Tetapkan Status Siaga Darurat Karhutla Hingga November 2024

3. Sumsel masuk siaga darurat karhutla

Menyusul OI, Lahan di Sungai Rengit Banyuasin Juga Terjadi KarhutlaKebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Wilayah Ogan Ilir (Dok: Mangga Agni)

Pemerintah Provinsi Sumatra Selatan (Pemprov Sumsel) menetapkan Status Siaga Darurat Karhutla. Keputusan ini dilakukan setelah tiga wilayah kabupaten dan kota seperti Ogan Komering Ilir (OKI), Musi Banyuasin (Muba), dan Banyuasin telah mengeluarkan status siaga.

"Terhitung 13 Juni 2024, Pemprov Sumsel sudah menetapkan status siaga darurat," ungkap Kepala Bidang Penanganan Darurat BPBD Sumsel, Sudirman, Senin (24/6/2024).

Penetapan status siaga darurat di tingkat provinsi tersebut baru bisa dilakukan setelah tiga dari dua daerah berstatus siaga sebagai syarat. Penetapan ini dilakukan agar penanganan karhutla lebih terkoordinasi antara pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten maupun kota.

"Sudah sembilan kabupaten dan kota di Sumsel berproses untuk menaikkan status siaga darurat," jelas dia.

Baca Juga: 3 Daerah Status Siaga Darurat, Sumsel Mulai Antisipasi Karhutla

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya