Comscore Tracker

Catat, Ada Festival Sungai Sekanak Lambidaro di Akhir Januari

Palembang ingin menghidupkan lagi julukan Venesia dari Timur

Palembang, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang menggelar Festival Sungai Sekanak Lambidaro akhir Januari 2022. Agenda rutin itu digelar sebagai bentuk kepedulian terhadap wisata sungai, dan memberi informasi kepada masyarakat terkait kelestarian menjaga sungai bersama.

"Akan ada Festival Sungai Sekanak Lambidaro pada 29-30 Januari ini," ujar Wali Kota (Wako) Palembang, Harnojoyo, Selasa (18/1/2022).

1. Menghidupkan kembali julukan Venesia dari Timur

Catat, Ada Festival Sungai Sekanak Lambidaro di Akhir JanuariPemkot Palembang Bikin Agenda Festival Sungai Sekanak Lambidaro (IDN Times/Dok. Kominfo Palembang)

Selain mengedepankan pelestarian transportasi air di Palembang, Pemkot bakal mengagendakan kegiatan serupa tidak saja di kawasan Sekanak. Pemkot berencana menghidupkan kembali julukan Palembang sebagai Venesia dari Timur.

"Festival Sungai ke depannya tidak hanya di Sekanak saja, karena ini menjadi agenda kita," kata dia.

Baca Juga: Palembang Berutang Rp112 Miliar Danai Sederet Proyek Infrastruktur

2. Festival sungai juga digelar di Sungai 10 Ilir

Catat, Ada Festival Sungai Sekanak Lambidaro di Akhir JanuariSuasana Sungai Sekanak Lambidaro Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Sebelum menggelar Festival Sungai Sekanak, Pemkot menyosialisasikan kepada masyarakat tentang destinasi wisata baru di Palembang. Seperti agenda lanjutan dengan pelaksanaan festival di Sungai Karangkuang, 10 Ilir.

"Restorasi ini sudah menghabiskan dana yang sangat besar. Maka masyarakat harus punya rasa tanggung jawab untuk menjaganya bersama-sama pemerintah," jelasnya.

Baca Juga: Wako Palembang Janji Benahi Rumah Warga di Sekitar Sekanak Lambidaro

3. Minta masyarakat Palembang menjaga hasil restorasi senilai Rp42 miliar

Catat, Ada Festival Sungai Sekanak Lambidaro di Akhir JanuariWali Kota Palembang, Harnojoyo (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Festival Sungai di Palembang juga mendorong masyarakat menyadari pentingnya sungai sebagai pengendali banjir dan transportasi air.

"Kita tahu bersama jika restorasi sungai ini dianggarkan sekitar Rp300 miliar dari APBN untuk total 10,9 km. Festival yang akan diluncurkan ini menghabiskan dana sekitar Rp42 miliar, ini tidak sedikit, maka sayang sekali jika tidak dijaga," timpal dia.

4. Atraksi dari komunitas akan memeriahkan festival sungai di Palembang

Catat, Ada Festival Sungai Sekanak Lambidaro di Akhir JanuariPemkot Palembang Mulai Kerjakan Progres Tahap Dua Proyek Sekanak Lambidaro (IDN Times/Dok. Kominfo Palembang)

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Palembang, Sulaiman Amin menambahkan, Festival Sungai akan diisi oleh atraksi dari komunitas seniman dan kuliner, agar ciri khas Kota Palembang semakin kental.

"Selain Sekanak, Karang Tuang juga ada Festival Sungai Musi dalam kegiatan Kota Pusaka milik pemerintah pusat," tandas dia.

Baca Juga: Pemkot Bersihkan Area Jembatan Musi II Untuk Pasar Terapung

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya