Apriyadi Temui ESDM, Minta Tambah Kuota Jargas Rumah Tangga di Muba

Padahal Muba sebagai kabupaten penghasil gas terbesar

Musi Banyuasin, IDN Times - Pj Bupati Musi Banyuasin (Muba), Apriyadi, mendatangi Kementerian Energi Sumber Daya dan Mineral (ESDM) melalui Direktur Perencanaan dan Pembangunan Infrastruktur Migas, Muhammad Noor Arifin, Senin (20/6/2022).

Apriyadi mengungkapkan, Muba sebagai daerah penghasil sumber gas yang besar namun tidak dibarengi dengan distribusi jaringan gas (jargas) rumah tangga yang merata. Apriyadi meminta Kementerian ESDM menambah kuota gas rumah tanggan untuk warga Muba. 

"Pemkab Muba berharap ada tambahan kuota untuk warga pada 2023 nanti. Harapan kami, semua warga Muba mendapatkan jargas secara merata," ujarnya.

1. Jargas jadi solusi karena tabung gas sulit didapat

Apriyadi Temui ESDM, Minta Tambah Kuota Jargas Rumah Tangga di Muba( Pj Bupati Muba Apriyadi saat mendatangi Kementerian Energi Sumber Daya dan Mineral) IDN Times/Istimewa

Menurut Apriyadi, jargas rumah tangga jika didistribusikan secara merata menjadi andil untuk menekan angka kemiskinan di Muba. 

"Biaya pemakaian jargas lebih murah, dan mereka terbantu dibandingkan membeli gas tabung yang sering sulit diperoleh," ulasnya.

Baca Juga: Pertamina Jamin Tak Ada Penimbunan Gas Elpiji 3 Kg di Area Sumbagsel

2. Kecamatan Lais jadi prioritas pemasangan jargas

Apriyadi Temui ESDM, Minta Tambah Kuota Jargas Rumah Tangga di MubaSeorang pekerjaan memasang pipa jargas menuju ke sambungan rumah warga (IDN Times/Ervan Masbanjar)

Apriyadi mengharapkan Kecamatan Lais juga menjadi prioritas untuk mendapatkan sambungan baru. Ia merinci, Muba sudah mendapatkan kuota pemasangan jargas rumah tangga sejak 2017 hingga mencapai 6.031 sambungan baru.

"Kemudian pada 2020 mendapatkan 4.385 sambungan di Sekayu, 2.995 di Sungai Lilin, dan 782 di Bayung Lencir. Pada 2022 ini mendapatkan 2.925 sambungan di Bayung Lencir yang tersebar di tiga desa dan 1 kelurahan," urainya.

Baca Juga: Alex Noerdin Seret Wakilnya Ishak Mekki di Sidang Penjualan Gas

3. Minta tambah sambung jargas di tiga kecamatan

Apriyadi Temui ESDM, Minta Tambah Kuota Jargas Rumah Tangga di MubaIDN Times/Surya Aditya

Ia menambahkan, jargas rumah tangga bisa berlanjut di tiga Kecamatan yang sudah didata sebagai calon pelanggan, dan disusun FEED serta DED di Kecamatan Bayung Lencir, Babat Supat, dan Tungkal Jaya. 

"Kemudian juga diharapkan di Kecamatan Sungai Lilin, mengingat sudah Metering Regulator System (MRS) yang mencakup 150 ribu sambungan atau data existing di lapangan baru mencakup 2.995 sambungan," jelasnya.

4. Warga Bayung Lencir bisa menikmati jargas rumah tangga tahun ini

Apriyadi Temui ESDM, Minta Tambah Kuota Jargas Rumah Tangga di MubaIlustrasi pembangunan jaringan. (ANTARA FOTO/Rahmad)

Muhammad Noor Arifin memastikan pihaknya akan memasang jargas rumah tangga di Bayung Lencir dengan, sehingga bisa dinikmati oleh warga Muba. Ia menambahkan, upaya Pemkab Muba untuk menginventaris sambungan jargas sangat tepat. Apalagi Muba dikenal sebagai daerah penghasil gas.

"Semoga di tahun 2023 ada solusi sehingga jargas dapat dinikmati secara merata oleh warga Muba," katanya.

Baca Juga: Pertamina Membuka Hasil Investigasi Ledakan Gas di Prabumulih

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya