Tak Diberi Uang Beli Narkoba, Pemuda di Palembang Bakar Rumah

Api membakar sebagian rumah orangtuanya

Palembang, IDN Times - Seorang pemuda bernama Reza (25) yang mengalami kecanduan obat-obatan terlarang, nekat membakar rumah milik orangtuanya di Palembang, Sumatra Selatan (Sumsel). Reza membakar rumah semi permanen dua lantai di Perumahan PNS PT Ali Jalan KH Azhari, Lorong Syailendra, Kecamatan Seberang Ulu.

"Kebakaran ini terjadi lantaran ulah anak pemilik rumah yang diduga kecanduan narkoba," ungkap Kapolsek SU I Palembang, Kompol Ahmad Firdaus, Selasa (14/6/2022).

1. Orangtua pelaku menolak memberikan uang

Tak Diberi Uang Beli Narkoba, Pemuda di Palembang Bakar RumahPixabay.com/rebcenter-moscow

Material rumah yang terbuat dari kayu dan beton cepat dilalap jago merah. Meski tak semua bangunan hancur, namun akibat kebakaran itu semua barang berharga ludes terbakar.

Dari hasil pemeriksaan terhadap keluarga pelaku, diketahui jika sebelum kejadian Reza sempat memaksa meminta uang kepada orangtuanya Sulaiman (57). Namun orangtuanya menolak memberikan uang yang akan digunakan untuk membeli narkotika.

"Kami akan berkoordinasi dengan pihak keluarga agar Reza direhabilitasi," ujar Ahmad Firdaus.

Baca Juga: Penikaman di PS Mal Palembang Ternyata Dipicu Rebutan Perempuan

2. Api dipadamkan setelah dua jam kemudian

Tak Diberi Uang Beli Narkoba, Pemuda di Palembang Bakar RumahPixabay.com/rebcenter-moscow

Dirinya pertama kali membakar bangunan yang ada di lantai bawah sekitar pukul 23.30 WIB menggunakan pemantik api. Reza menggunakan baju yang disimpan di kamar sebagai bahan bakar.

Selang 15 menit kemudian, Reza kembali membakar bangunan lantai atas yang dipenuhi material kayu. Api pun mulai membakar tak terkendali. Warga sekitar langsung berhamburan memadamkan kobaran agar tak menyebar ke sisi lain.

"Baru sekitar jam 01.00 WIB dini hari api baru bisa padam. Itu pun harus dibantu petugas pemadam kebakaran," ujar saksi mata Zainal (57).

Baca Juga: Diduga Cemburu, Siswa SMP di Palembang Aniaya Temannya 

3. Pelaku sering mengancam akan bakar rumah

Tak Diberi Uang Beli Narkoba, Pemuda di Palembang Bakar RumahIlustrasi Kebakaran (IDN Times/Arief Rahmat)

Zainal mengatakan, Reza sudah sering berulah. Dirinya kerap mengancam jika kemauannya tak dituruti. Warga sekitar mengira selama ini ancaman Reza hanya gertak semata.

"Anak itu sudah sering hendak membakar rumah. Bukan yang pertama kalinya, karena diduga sudah kecanduan narkoba," tutup dia.

Baca Juga: Anggaran Pemkot Palembang Belum Mampu Menggaji Layak PPPK Guru

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya