Puncak Arus Mudik di Palembang, Tol Terpantau Ramai Lancar

Puncak diprediksi 18.000 kendaraan

Palembang, IDN Times - Puncak arus mudik di wilayah Palembang diperkirakan terjadi hari ini, Sabtu (30/4/2022). Ratusan kendaraan hingga pukul 11.00 WIB terpantau ramai masuk wilayah Palembang. Hal serupa juga terjadi untuk arus mudik meninggalkan Palembang terpantau ramai lancar.

"Tercatat ada 470 kendaraan keluar dari exit tol Keramasan. Didominasi kendaraan dari pulau Jawa dengan kendaraan plat A, B dan D. Sedangkan untuk kendaraan dari wilayah Palembang menuju tol Lampung sekitar 431 kendaraan," ungkap Kasatlantas Polres Ogan Ilir, AKP Putu Eka Dhenda Jayanti, Sabtu (30/4/2022).

Baca Juga: Menteri PMK Minta Kapolda Kawal Pemudik Motor dari Lampung-Sumsel   

1. Puncak arus mudik diprediksi terjadi hari ini

Puncak Arus Mudik di Palembang, Tol Terpantau Ramai LancarIlustrasi jalan tol Ruas Kayuagung-Palembang-Betung /ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

Sejak seminggu sebelum puncak arus mudik, kendaraan masuk keluar Tol Palembang mencapai 12.000 kendaraan. Namun per kemarin Jumat (29/4/2022) tercatat sudah 17.000 sejak seminggu sebelum puncak arus mudik, kendaraan yang keluar masuk Tol Palembang mencapai 12.000 kendaraan.

Ramainya kendaraan terpantau sore hingga malam hari. Adapun hari ini diprediksi dapat mencapai 18.000 kendaraan. 

"Arus lalin dalam dua hari terakhir kondusif ramai dan lancar. Gak ada kepadatan yang situasinya menonjol. Terlebih untuk hari ini di Merak masih banyak kendaraan yang antre, kita prediksi meningkat dari siang hari ini," jelas Putu. 

2. Penumpukan kendaraan terjadi di arah masuk Palembang

Puncak Arus Mudik di Palembang, Tol Terpantau Ramai Lancarilustrasi jalan tol (ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah)

Hal senada disampaikan Kapolrestabes Palembang, Kombes Pol Mokhammad Ngajib mengatakan, saat ini kondisi arus mudik lancar terkendali. Dirinya menilai, pelaksanaan mudik lebaran akan padat hingga H-1 lebaran. Menurutnya, beberapa hambatan puncak arus mudik terjadi ketika ada penumpukan kendaraan di luar Tol Palembang menuju Keramasan.

"Dari Lampung ke arah Kertapati disitu ada titik penyempitan. Untuk mengatasi kepadatan kita akan melakukan contra flow," jelas dia.

3. Truk BBM dan sembako boleh masuk kota

Puncak Arus Mudik di Palembang, Tol Terpantau Ramai LancarIlustrasi Infrastruktur Jalan Kota (IDN Times/Arief Rahmat)

Selain melakukan contra flow, pihaknya pun melarang mobil truk untuk melintas masuk ke Palembang kecuali truck BBM dan truk sembako. Pihaknya akan tegas jika ada truk yang masuk di luar waktu ketentuan.

"Pawai akan kita imbau dilakukan di masjid untuk menghindari kemacetan," tutup dia.

Baca Juga: Mudik Lebaran Jalur Sungai di Sumsel Mulai Kembali Ramai

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya