Pengangguran Palembang Diklaim Turun karena Loker ke Luar Negeri

Pemkot jalin hubungan bilateral ke 3 negara

Intinya Sih...

  • Pemkot Palembang berhasil menurunkan angka pengangguran dengan menjalin hubungan bilateral ke negara lain dan membuka peluang kerja di luar negeri.
  • Palembang masih memiliki tingkat pengangguran tertinggi, namun Pemkot berusaha menurunkannya dengan menggelar job fair dan kerja sama dengan negara lain.
  • Ratusan warga Palembang mendapatkan kesempatan magang dan bekerja di Jepang, Australia, dan Korea, serta Pemkot membuka 3000 lowongan pekerjaan dalam Job Fair 2024.

Palembang, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang mengklaim jumlah pengangguran menurun signifikan, karena keberhasilan pemerintah menjalin hubungan bilateral untuk membuka peluang bursa lowongan kerja (loker) ke sejumlah negara.

"Palembang terus mengalami penurunan (angka pengangguran) setiap tahunnya. Hal ini juga tak terlepas dari hubungan bilateral dengan negara-negara lain untuk memberikan kesempatan bekerja di luar negeri," ujar Sekretatis Daerah (Sekda) Palembang, Ratu Dewa, Senin (24/6/2024).

Baca Juga: 40 Perusahaan Buka Loker Via Job Fair 2024 Palembang, Siapkan Berkas!

1. Pengangguran di Palembang tertinggi di Sumsel

Pengangguran Palembang Diklaim Turun karena Loker ke Luar NegeriIlustrasi pengangguran. (IDN Times/istimewa)

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik Sumatra Selatan (BPS Sumsel), Palembang masih menjadi daerah dengan Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) tertinggi pada 2023 dibandingkan kabupaten atau kota lain, yakni di angka 7,49 persen.

"Kita akan berusaha lagi untuk menurunkan angka pengangguran di Palembang," kata dia.

Baca Juga: 2 Faktor Sebabkan Pengangguran Tinggi di Palembang Capai 7,49 Persen

2. Jepang, Australia, dan Korea buka kesempatan kerja dan magang bagi warga Palembang

Pengangguran Palembang Diklaim Turun karena Loker ke Luar NegeriSekda Palembang Ratu Dewa (Dok. Kominfo Palembang)

Langkah Pemkot Palembang untuk menekan angka pengangguran selain menggelar kegiatan job fair, komunikasim serta kerja sama negara lain, juga jadi program yang difokuskan.

"Hubungan ke negara-negara lain juga memberikan kesempatan bekerja, seperti ke Jepang, Australia, dan Koera," timpalnya.

3. Pemkot target pemagang ke Jepang dari Palembang di angka seribu orang

Pengangguran Palembang Diklaim Turun karena Loker ke Luar NegeriIlustrasi fresh graduate magang (123rf.com/d8nn)

Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) kota mencatat sepanjang 2023 sudah ada ratusan masyarakat Palembang mendapatkan kesempatan untuk magang ke Jepang dan menerima upah. Hal ini membuktikan loker ke negara Sakura tersebut banyak diminati oleh warga Indonesia.

"Tahun ini untuk magang kerja ke Jepang target pemagangan mencapai 1.000 orang," kata dia.

4. Sebanyak 40 perusahaan yang membuka loker di job fair 2024

Pengangguran Palembang Diklaim Turun karena Loker ke Luar NegeriJob fair 2024 di Golden Sriwijaya (instagram/disnker palembang)

Kemudian upaya sinergi Pemkot bersama Disnaker untuk menekan jumlah TPT di Palembang terbaru adalah dengan memberikan kesempatan bagi masyarakat mendapatkan pekerjaan ke Job Fair 2024 di Golden Sriwijaya pada 24-25 Juni.

"Sebanyak 40 perusahaan yang telah bekersama dengan Pemkot Palembang membuka 3000 lowongan pekerjaan," jelasnya

Baca Juga: Pekerja Lulusan SD Tertinggi di Sumsel Hingga 39 Persen

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya