Comscore Tracker

Lebih Dekat dengan Aplikasi PLN Mobile: Terangi Negeri untuk Indonesia

Mempermudah fasilitas layanan pengaduan masyarakat

Palembang, IDN Times - Perusahaan Listrik Negara (PLN) terus konsisten melayani masyarakat untuk menerangi negeri. Lewat aplikasi PLN mobile, perusahaan listrik plat merah ini berusaha kian lebih dekat melayani masyarakat lewat layanan pengaduan.

"Selama ini laporan pengaduan pelanggan PLN hanya menggunakan Call Center 123. Seiring perkembangan, kami meluncurkan Super Apps PLN Mobile," ujar Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Palembang, Nanang Prasetyo kepada IDN Times, Jumat (26/2/2021).

1. Aplikasi PLN mobile merupakan pembaruan digitalisasi teknologi

Lebih Dekat dengan Aplikasi PLN Mobile: Terangi Negeri untuk IndonesiaManager Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) PLN Kota Palembang, Nanang Prasetyo (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Ia mengatakan, aplikasi PLN mobile merupakan salah satu teknologi terbaru dengan berbagai fitur. Selain mempermudah akses bagi pelanggan, PLN mobile ditujukan untuk memperluas layanan digital.

Kehadiran PLN mobile menjadi pembaruan kecanggihan di industri revolusi 4.0, mendorong publik dan semua instansi mengikuti perkembangan teknologi.

"Kalau secara manual ribuan bahkan puluhan ribu pelanggan akan sulit mendapat balasan yang cepat. Apalagi kita diberikan tanggung jawab membereskan recovery time paling lambat 3 jam, atau paling cepat 45 menit terhadap pengaduan yang harus dituntaskan," katanya.

Baca Juga: Mengenal 5 Teknologi PLN di Palembang, Ada Sistem Zero Down Time

2. Aplikasi sebagai bentuk layanan perusahaan dengan pelanggan

Lebih Dekat dengan Aplikasi PLN Mobile: Terangi Negeri untuk IndonesiaIlustrasi Listrik. (IDN Times/Arief Rahmat)

Aplikasi PLN mobile bisa diunduh gratis di Playstore untuk pengguna Android, dan App Store untuk pengguna iOS. Peluncuran super aplikasi mobile itu sudah dilakukan sejak 2020 lalu.

"Kami berkeinginan agar pelanggan bisa berhubungan langsung dengan PLN," tutur dia.

Tidak saja soal pengaduan atau keluhan terkait permasalahan pemadaman listrik, tapi juga soal kerusakan hingga pembelian token prabayar. Layanan PLN mobile ini juga menyediakan pembayaran listrik pascabayar dan cek history kelistrikan.

"Aplikasi ini merupakan perbaikan dari aplikasi yang sebelumnya, jauh lebih mudah dipahami," timpalnya.

3. Pengaduan pelanggan PLN secara langsung hanya 10 persen

Lebih Dekat dengan Aplikasi PLN Mobile: Terangi Negeri untuk IndonesiaAplikasi PLN Mobile (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Asisten Manajer Contact Center PLN, Wahyu Hadi Perdana menambahkan, berkat kehadiran aplikasi PLN mobile maka pengaduan tatap muka ke kantor sudah berkurang. Dari total ribuan pelanggan, hanya ada laporan langsung di bawah 10 persen.

"Memang keluhan pelanggan mengalami penurunan, namun secara umum pengaduan masyarakat soal pemadaman listrik tetap terjadi," tambah dia.

Umumnya, pengaduan seputar kerusakan gardu dan proses pemeliharaan rutin yang dilakukan petugas PLN dari laporan call center, sms media sosial, dan dari aplikasi PLN mobile.

"Kebanyakan keluhan soal pemadaman listrik, selain kenaikan harga meteran per bulan," ungkapnya.

4. Cara menggunakan aplikasi PLN mobile

Lebih Dekat dengan Aplikasi PLN Mobile: Terangi Negeri untuk IndonesiaKantor PLN Palembang di Jalan Kapten A Rivai (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Berikut cara penggunaan aplikasi PLN mobile agar pelanggan memiliki akun:

1. Mendaftar atau membuat akun dengan klik 'Daftar Akun';

2. Selanjutnya mengisi biodata seperti nama, email, nomor handphone, password dan konfirmasi password;

3. Setelah menyetujui persyaratan, pelanggan mendapatkan sebuah akun. Tambahkan IDPel atau No Meter;

4. Jangan lupa verifikasi akun anda dengan foto KTP dan selfie memegang KTP;

5. Verifikasi akun harus dilakukan untuk melindungi data pribadi dan daya yang tersimpan di PLN Mobile.

Baca Juga: Melihat Kebun Hidroponik Ultraviolet di Jakabaring Palembang

Topic:

  • Feny Maulia Agustin
  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya