Hore! Ruas Tol Indralaya-Prabumulih Dibuka 15 April 2023 untuk Pemudik

Progres kontruksi sudah mencapai 95 persen

Ogan Ilir, IDN Times - Warga di perantauan ingin mudik lebaran tahun ini bisa memanfaatkan Jalan Tol Simpang Indralaya-Prabumulih. Pasalnya, jalan tol dibangun sejak 2019 itu sudah bisa dilintasi dan akan dibuka dua minggu sebelum hari raya Idul Fitri 1444 H.

PT Hutama Karya (Persero) memastikan bahwa Jalan Tol Simpang Indralaya-Prabumulih, mulai dibuka 15 April 2023 mendatang. Hal tersebut disampaikan EVP Sekretaris Perusahaan PT Hutama Karya (Persero), Tjahjo Purnomo, Rabu (31/3/2023).

"Progres konstruksi jalan tol ruas Simpang Indralaya-Prabumulih per tanggal 26 Maret 2023 ini sudah mencapai 95 persen," ujarnya.

Baca Juga: Gubernur Sumsel Pastikan Tol Indralaya-Prabumulih Dibuka Mudik 2023

1. Pengerjaan hampir rampung dan masih terkendala cuaca

Hore! Ruas Tol Indralaya-Prabumulih Dibuka 15 April 2023 untuk Pemudik(Ruas Tol Indralaya-Prabumulih) IDN Times/Istimewa

Untuk rencana fungsional Tol Simpang Indralaya-Prabumulih akan dibuka 15 April 2023 sampai dengan 30 April 2023, Tjahjo menyebut dengan catatan open traffic pada STA 48 sampai dengan STA 55 hanya pada sisi L (jalur Ambon) yaitu dengan memberlakukan contraflow.

"Maka itu akan ada rekayasa lalu lintas di traffic ini nantinya," ucapnya.

Tjahjo menambahkan, Hutama Karya akan terus berupaya mempercepat penyelesaian pembangunan jalan tol ruas Simpang Indralaya-Prabumulih agar dapat segera dapat dinikmati masyarakat.

"Namun kondisi cuaca saat ini menjadi tantangan yang cukup memengaruhi dalam pekerjaan tanah. Khususnya area preloading di STA 48 sampai dengan STA 55," katanya.

2. Tol Indralaya-Prabumulih miliki dua rest area

Hore! Ruas Tol Indralaya-Prabumulih Dibuka 15 April 2023 untuk Pemudik(Ruas Tol Indralaya-Prabumulih) IDN Times/Istimewa

Ruas tol Simpang Indralaya-Prabumulih sepanjang 65 kilometer, rencananya akan memiliki dua rest area berlokasi di sisi kiri dan sisi kanan KM 56. Dua rest area ini bertipe A, akan terdapat sejumlah fasilitas untuk melayani pengguna jalan.

"Untuk mengoptimalkan pelayanan bagi pengguna jalan tol, rest area akan dilengkapi sejumlah fasilitas, seperti ATM center, toilet, dan SPBU," jelasnya.

Selain itu, fasilitas lainnya yang akan disediakan yakni klinik kesehatan, bengkel, minimarket, musalah, kios, tempat parkir, dan restoran. Untuk memberikan kesan sejuk, PT Hutama Karya juga akan menyediakan Ruang Terbuka Hijau di lokasi rest area.

3. UMKM desa setempat bakal isi tenant di rest area

Hore! Ruas Tol Indralaya-Prabumulih Dibuka 15 April 2023 untuk Pemudik(Ruas Tol Indralaya-Prabumulih) IDN Times/Istimewa

Selain itu, mengenai tenant-tenant akan mengisi rest area di Tol Simpang Indralaya-Prabumulih, PT Hutama Karya memprioritaskan para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di desa setempat.

"Hutama Karya akan memprioritaskan UMKM setempat untuk mengisi tenant-tenant yang berada di rest area. Kita menggandeng pelaku UMKM di desa setempat, agar dapat membantu warga sekitar dalam mengembangkan usahanya dan meningkatkan perekonomian daerah sekitar," tutupnya.

Baca Juga: Diduga Pungli, 2 Polisi di Lubuk Linggau Ditahan di Tempat Khusus

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya