Gajah Masuk Pemukiman Warga Lalan Muba, Rusak Padi dan Kelapa

Hanya berkeliaran di malam hari dan diusir pakai motor

Musi Banyuasin, IDN Times - Dua hari terakhir, warga desa Karang Rejo Kecamatan Lalan Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) resah. Pasalnya, lahan pertanian mereka rusak akibat ulah gajah liar masuk ke pemukiman dan merusak tanaman.

Mamalia besar tersebut beberapa kali terlihat warga terutama pada malam hari. Bahkan tampak dalam salah satu video beredar warga mengusir gajah sudah masuk ke areal pertanian sembari berkendara sepeda motor.

Baca Juga: Viral! Gadis Desa asal Sungai Lilin Muba Dipersunting Bule Australia

1. Sudah diusir warga namun masih kembali di malam hari

Gajah Masuk Pemukiman Warga Lalan Muba, Rusak Padi dan Kelapa(Jejak kaki gajah yang masuk ke lahan pertanian warga desa Karang Rejo kecamatan Lalan kabupaten Musi Banyuasin) IDN Times/Istimewa

Camat Lalan, Andi Suharto SSTP mengatakan, kendati sudah berapa kali diusir namun gajah liar tersebut selalu kembali ke arel pertanian dan memakan tanaman padi dan kelapa milik warga.

"Gajah ini geraknya malam hari kalau siang balik areal PT Raja Palma," ujarnya saat dikonfirmasi Sabtu (7/5/2022).

2. Digiring masuk ke areal PT Raja Palma

Gajah Masuk Pemukiman Warga Lalan Muba, Rusak Padi dan KelapaIlustrasi gajah (Prayugo Utomo/IDN Times)

Tanpa berniat menyakiti gajah tersebut, warga pun setiap hari menggiringnya masuk ke areal PT Raja Palma. Namun masih saja setiap malam gajah masuk ke areal persawahan.

Alhasil, jejak kaki hewan berbelalai panjang ini pun terlihat di beberapa petak sawah warga. Kendati tidak banyak yang rusak, namun jika dibiarkan kerusakan akan meluas.

"Berbagai cara dilakukan warga untuk mengusir gajah yang sepertinya anakan tersebut. Seperti berteriak, membunyikan kentongan dan digeber pakai motor. Namun gajahnya selalu kembali lagi," tuturnya.

3. Camat langsung lapor BKSDA Sumsel

Gajah Masuk Pemukiman Warga Lalan Muba, Rusak Padi dan Kelapagajah/Elephantidae (pexels.com/Magda Ehlers)

Andi menambahkan, pihaknya juga sudah melaporkan dan berkoordinasi dengan BKSDA Sumsel prihal masuknya gajah tersebut ke pemukiman warganya. Namun sejauh ini belum ada tindakan. 

“Biasanya memang kawanan gajah ini masuk ke areal warga di awal tahun, tapi bukan di Karang Rejo. Tapi di desa Mulya Agung,” tutupnya.

Baca Juga: Muba Babel United FC Segera Ganti Nama Jadi Muba United FC 

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya