Selesaikan Proyek Musi VI, Jalan Sultan Mansyur Bakal Ditutup

Dirjen Bina Marga belum putuskan kapan uji beban jembatan

Palembang, IDN Times - Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Tata Ruang Sumatra Selatan (PUBM-TR Sumsel) menutup sementara Jalan Sultan Mansyur di kawasan Tangga Buntung Palembang. Penutupan jalan dilakukan untuk menyelesaikan frontage di dua sisi jembatan Musi IV.

"Penutupan dilakukan di bagian Ilir sejak Sabtu, 17 November lalu. Nantinya jalan akan kita buka jelang peresmian pada 14 Desember mendatang," ungkap Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Musi VI, Aria Darmawan, Selasa (17/11/2020).

1. Penutupan dilakukan demi keselamatan pengendara

Selesaikan Proyek Musi VI, Jalan Sultan Mansyur Bakal DitutupPekerja sedang menyelesaikan pembangunan Musi VI (IDN Times/Rangga Erfizal)

Sedangkan frontage di kawasan seberang Ulu, pihaknya tidak melakukan penutupan karena langsung bertemu sisi kiri dan kanan Jalan Pangeran Sido Ing Lautan, khususnya saat turun dari jembatan.

"Penutupan ruas jalan ini juga mempertimbangkan keselamatan para pengendara. Mengingat banyaknya peralatan konstruksi yang ada di sekitar lokasi," jelas Aria.

Baca Juga: Desember, Musi VI Uji Beban dengan Truk Bermuatan Besar

2. Optimis Jembatan Musi IV bisa dilalui Desember 2020

Selesaikan Proyek Musi VI, Jalan Sultan Mansyur Bakal DitutupPekerja sedang menyelesaikan pengerjaan jembatan Musi VI (IDN Times/Rangga Erfizal)

Dari sisi pengerjaan frontage jembatan, Aria mengaku sudah mencapai 80 persen. Tersisa 20 persen lagi pengerjaan sebelum dilakukan uji beban sebagai bentuk kelayakan jembatan agar bisa dilalui.

"Kami terus mengebut pekerjaan. Targetnya, akhir Desember 2020 sudah selesai 100 persen dan siap operasional," jelas Aria.

3. Uji coba beban tunggu keputusan Dirjen Bina Marga

Selesaikan Proyek Musi VI, Jalan Sultan Mansyur Bakal DitutupProgres jembatan Musi VI (IDN Times/Rangga Erfizal)

Aria menuturkan, sejauh ini belum ada kendala pada proyek yang menelan anggaran sekitar Rp84 miliar tersebut. Pihaknya bahkan sudah melayangkan surat ke Direktur Jenderal Bina Marga untuk dilakukan uji beban.

"Uji beban tergantung putusan Ketua Komisi Keselamatan Jembatan dan Terowongan yang diketuai Dirjen Bina Marga. Mereka yang menentukan jadwal dan teknisnya. Nantinya, truk-truk bertonase besar akan dijejerkan di badan tengah jembatan," tutup Aria.

Baca Juga: BBPJN Sumsel Siapkan Rp251 Miliar Bikin Flyover Sekip 

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya