Comscore Tracker

RSUD HM Rabain Muara Enim Terbakar, Pasien Dilarikan Keluar

Pasien dievakuasi kembali ke RS setelah dua jam pemadaman

Palembang, IDN Times - Pagi hari sekitar pukul 10.00 WIB, pasien Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) HM Rabain Muara Enim panik, Rabu (17/3/2021). Bau asap kebakaran tercium hingga gedung utama rumah sakit. Api diduga berasal dari peralatan panel listrik milik rumah sakit di lantai dua.

"Setelah diselidiki penyebab kebakaran, api diduga berasal dari ruang panel listrik yang berada di lantai dua rumah sakit," ungkap Kapolres Muara Enim, AKBP Danny Sianipar, Rabu (17/3/2021).

1. Butuh dua jam api bisa dipadamkan

RSUD HM Rabain Muara Enim Terbakar, Pasien Dilarikan KeluarIlustrasi Kebakaran (IDN Times/Arief Rahmat)

Para petugas rumah sakit dibantu tim kepolisian bergegas mengevakuasi para pasien. Para pasien yang berada di gedung utama terpaksa dibawa keluar dalam upaya penyelamatan. Mereka didorong menggunakan kursi roda untuk dibawa ke luar rumah sakit.

"Setelah diketahui sumber api, petugas dibantu tim pemadam bergerak cepat memadamkan. Sekitar beberapa menit kemudian api berhasil dijinakkan," jelas dia.

Baca Juga: 1 Pabrik di Palembang Terbakar, Ribuan Kilogram Kerupuk Hangus

2. Ruang sel di polres disulap jadi kamar darurat

RSUD HM Rabain Muara Enim Terbakar, Pasien Dilarikan KeluarIlustrasi Kebakaran (IDN Times/Mardya Shakti)

Demi memastikan api benar-benar padam, kepolisian mendirikan tenda pengungsian bagi para pasien. Danny memastikan semua pasien selamat. Tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut. Pihak kepolisian bahkan membuat gedung Polres Muara Enim yang tak berjauhan dari rumah sakit sebagai kamar darurat.

"Pasien-pasien di ruang ICU tidak kami evakuasi, mengingat kondisi pasien memerlukan peralatan yang tak bisa dilepas dan pihak rumah sakit memastikan aman karena ada backup listrik," jelas dia.

3. Kerugian ditafsir mencapai Rp100 juta

RSUD HM Rabain Muara Enim Terbakar, Pasien Dilarikan KeluarIlustrasi Kebakaran (IDN Times/Mardya Shakti)

Selang dua jam dari kejadian, para pasien yang sebelumnya dievakuasi kembali ke rumah sakit. Polres Muara Enim memastikan tidak ada kendala dalam proses evakuasi.

"Hanya UPS-nya saja yang rusak dan sudah berhasil ditangani. Kerugian ditafsir mencapai Rp100 juta," jelas dia.

Baca Juga: Pemprov Sumsel Target Sekolah Tatap Muka Mulai Juli 2021

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya