RS Muhammadiyah Palembang Benarkan Ada Kelalaian Jari Bayi Terpotong

Korban sudah dioperasi dan dalam pemulihan

Palembang, IDN Times - Rumah Sakit Muhammadiyah Palembang membenarkan kejadian kelalaian kerja dilakukan salah satu perawatnya. Kejadian kelalaian tersebut mengakibatkan jari kelingking bayi delapan bulan terpotong.

"Benar adanya seorang perawat yang lalai saat bertugas ketika membuka infus pasien yang dirawat di RS dengan kasus demam," ungkap Wakil Direktur SDM dan Aik RS Muhammadiyah Palembang, Muksin, Sabtu (4/2/2023).

1. Tim dokter lakukan operasi penyambungan

RS Muhammadiyah Palembang Benarkan Ada Kelalaian Jari Bayi TerpotongKorban Malpraktek bayi delapan bulan di Palembang (Dok: istimewa)

Menurut Muksin, RS Muhammadiyah Palembang tidak tinggal diam setelah terjadi kelalaian tersebut. Pihaknya segera memanggil tim dokter untuk melakukan operasi penyambungan jari yang terpotong.

"Kita langsung melakukan tindakan operasi yang memakan waktu 1,5 jam. Melakukan penyambungan jari anak tersebut," jelas dia.

2. Korban diawasi langsung dokter spesialis

RS Muhammadiyah Palembang Benarkan Ada Kelalaian Jari Bayi TerpotongSuparman (38) melapor ke Polrestabes Palembang dugaan malpraktek RS Muhammadiyah Palembang (Dok: istimewa)

Setelah berhasil melakukan operasi, korban awalnya menggunakan layanan kelas ke III dipindahkan ke ruang VIP. Pihaknya pun menyiagakan tiga orang perawat dan dokter spesialis untuk memantau kondisi korban.

"Ya sudah kita pindahkan ke ruangan VIP untuk perawatan. Tiga perawat dan dokter pun memantau perkembangan terkait operasi yang kita lakukan akibat insiden itu," jelas dia.

3. RS Muhammadiyah tempuh jalur damai

RS Muhammadiyah Palembang Benarkan Ada Kelalaian Jari Bayi TerpotongIlustrasi mediasi. IDN Times/ istimewa

Operasi penyambungan jari dan pemulihan dilakukan terhadap korban membutuhkan tiga hari agar korban kembali pulih. Pihak RS Muhammadiyah Palembang pun telah bersepakat menempuh jalur damai.

"Juga meminta maaf dengan keluarga korban, ibu dan bapaknya. Dan menempuh damai dengan kekeluargaan," tutup dia.

Baca Juga: Perawat RS Swasta di Palembang Lalai Potong Jari Bayi Usia 8 Bulan 

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya