Comscore Tracker

Resmikan Tol di Palembang, Jokowi Minta Pemda Agresif Cari Investor

Tahap kedua Palembang-Betung masih 20 persen

Palembang, IDN Times - Saat hujan mengguyur Kota Palembang, Presiden Joko 'Jokowi' Widodo meresmikan jalan Tol Trans Sumatra ruas Kayuagung-Palembang (Kapal) sesi satu sepanjang 42,5 kilometer. Peresmian itu menandakan mulai beroperasi tol yang menghubungkan dua kota di Sumatra Selatan (Sumsel).

"Pembangunan ruas Kayuagung-Palembang saya resmikan. Jalan tol ini merupakan poros trans Sumatra yang menghubungkan pelabuhan Bakauheni di Lampung ke Palembang," ungkap Jokowi, Selasa (26/1/2021).

1. Pemda diminta hubungkan tol ke sentra ekonomi

Resmikan Tol di Palembang, Jokowi Minta Pemda Agresif Cari InvestorPintu tol Keramasan. ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/

Menurut Jokowi, peresmian jalan tol tersebut tidak hanya akan menghubungkan antar wilayah, tapi meningkatkan perekonomian dan mengembangkan simpuls ekonomi yang produktif. Dengan adanya tol, masyarakat luas akan merasakan dampak sosial dan ekonomi yang besar.

"Jalan tol ini harus disambungkan ke sentra ekonomi, pariwisata, perkebunan, dan pertanian. Saya melihat banyak potensi di Tol Trans Sumatra. Ini tugas pemda selanjutnya untuk melanjutkan," ujar dia.

Baca Juga: Organda Akui Tol Sumatra Picu Produktivitas, Tapi Kurang Efisien 

2. Pemda juga diminta cari investor dengan tawarkan kemudahan tol

Resmikan Tol di Palembang, Jokowi Minta Pemda Agresif Cari InvestorPintu tol Keramasan. ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/

Dengan adanya tol juga, Presiden mendorong pemda menarik investor untuk masuk ke Bumi Sriwijaya. Tol menjadi daya tarik untuk kemudahan akses infrastruktur yang dapat ditawarkan.

"Pemda harus agresif menawarkan daya tarik daerah sehingga dapat menarik investor ke Sumsel," jelas dia.

Jika selama ini akses Palembang menuju pelabuhan Bakauheni sejauh 373 kilometer harus ditempuh dengan 12 jam perjalanan darat, kini jarak tempuh dapat terpangkas lebih cepat.

"Saya dengar selama ini bisa sampai 12 jam, maka dengan adanya tol cukup 3 jam sampai 3,5 jam ke Bakauheni. Ini jadi lompatan mengurangi waktu tempuh," ungkap Jokowi.

Baca Juga: Tol Trans Sumatra Ruas Kapal Betung  Terhubung Akhir 2021

3. Ruas Kapal Betung tahap dua segera dikerjakan

Resmikan Tol di Palembang, Jokowi Minta Pemda Agresif Cari InvestorPresiden Joko Widodo tiba di Tol Palembang dalam rangka peresmian tol ruas Kayuagung-Palembang. ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/

Sementara itu, Pimpinan Proyek PT Waskita Sriwijaya Tol (WST), Yusuf Ar Rosadi menuturkan, tol Kayuagung-Palembang ini merupakan tahap pertama pembangunan ruas Kayuagung-Palembang-Betung (Kapal Betung) sepanjang sepanjang 111,69. Tahap selanjutnya, pihak WST akan melanjutkan pembangunan tol hingga ke pusat Kabupaten Banyuasin.

"Sejauh ini Kayuagung-Palembang sudah rampung 100 persen dengan pintu tol Keramasan dan Kayuagung. Untuk Betung masih 20 persen," tutup dia.

Baca Juga: Jalan Tol Penghubung Sumsel-Jambi Bakal Dibangun Terowongan Harimau

Topic:

  • Rangga Erfizal
  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya