Comscore Tracker

Persiapan Latihan Tempur, Tentara Amerika Tiba di Palembang 

Personel US Army datang bertahap hingga 26 Juli mendatang

Palembang, IDN Times - Sebanyak 330 tentara Amerika Serikat (US Army) mendarat di Bandara Sultan Mahmud Baddaruddin (SMB) II Palembang. Kedatangan rombongan tentara negeri Paman Sam tersebut dalam rangka latihan bersama dengan anggota TNI Garuda Shield ke 15/2021 yang salah satunya diadakan Pusat Latihan Tempur (Puslatpur) TNI AD di Baturaja Sumatera Selatan (Sumsel).

"Kedatangan tentara Amerika ini merupakan latihan bersama antara TNI Angkatan Darat dan Angkatan Darat Amerika," ungkap Kepala Dinas Penerangan, Brigjen TNI Tatang Subarna, di Palembang, Sabtu (24/7/2021).

Baca Juga: Yes! Palembang Terima 2.300 Dosis Tambahan Vaksin COVID-19

1. Ada 4.528 personel gabungan dua negara

Persiapan Latihan Tempur, Tentara Amerika Tiba di Palembang Tentara Amerika Serikat mendarat di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang. ANTARA/Nova Wahyudi

Tatang menjelaskan, latihan gabungan kedua negara menjadi momen latihan gabungan terbesar ke dua negara. Pasalnya, ada sekitar 4.528 personel kedua belah pihak. Untuk TNI AD ada sekitar 2.246 personel, sedangkan US Army sekitar 2.282 personel.

"Tujuan dari latihan bersama ini adalah untuk meningkatkan kerjasama dan kemampuan prajurit TNI AD dengan AD Amerika Serikat dalam pelaksanaan tugas operasi," jelas dia.

2. Latihan bersama akan berlangsung dua pekan

Persiapan Latihan Tempur, Tentara Amerika Tiba di Palembang Tentara Amerika Serikat mendarat di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang. ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

Latihan ini nantinya akan berlangsung di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) tepatnya di Kota Baturaja. Sedangkan dua lokasi lain berada di Amborawang Kalimantan Timur dan Makalisung Sulawesi Utara. Adapun materi latihan bersama mengenai, Staff Exercise, Field Training Exercise, Live Fire Exercise, Medical Exercise, dan Aviation.

"Latihan ini akan berlangsung selama 14 hari sejak tanggal 1 hingga 14 Agustus 2021 mendatang," jelas dia.

3. Latihan akan tetap memperhatikan prokes di masa pandemik

Persiapan Latihan Tempur, Tentara Amerika Tiba di Palembang Tentara Amerika Serikat mendarat di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang. ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

Tatang mengatakan, kedatangan rombongan US Army ini akan dilakukan secara bertahap sejak hari ini hingga 26 Juli mendatang. Sedangkan khusus di Amborawang hanya di tanggal 25 besok.

"Untuk bandara di Palembang ini, kedatangan US Army akan beturut-turut sampai dengan tanggal 26 nanti, menggunakan lima pesawat," tutup dia.

Selain memastikan protokol kesehatan (Prokes) yang ketat dari Satgas COVID-19, ketentuan-ketentuan yang berlaku juga diterapkan terhadap para tentara Amerika tersebut, seperti pemeriksaan dari pihak Bea Cukai dan Imigrasi untuk mewujudkan pelaksanaan latihan aman dan tertib.

Baca Juga: 4 Daerah di Sumsel Laksanakan PPKM Level 4 Selama Dua Pekan ke Depan

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya