KPUD OI Ditribusi Surat Suara Pilkada Lewat Jalur Sungai

Proses pengiriman logistik di Ogan Ilir sudah 100 persen

Ogan Ilir, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum Daerah Ogan Ilir (KPUD OI) bersama Panitia Pemilihan Kecamatan atau PPK, berhasil menyelesaikan pengiriman logistik surat suara pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak ke-16 kecamatan, termasuk wilayah Pemulutan yang harus ditempuh dengan menyeberangi sungai.

Total sebanyak 304.540 lembar surat suara berhasil didistribusikan, termasuk untuk tiga desa yang ditempuh melalui sungai seperti Desa Aur Standing, Palu, dan Kedukan Bujang.

"Tiga desa ini harus ditempuh melalui sungai karena memang akses yang lebih memungkinkan ketimbang jalur darat," ungkap Ketua PPK Pemulutan, Beni Wijaya, Selasa (8/12/2020).

1. Jalur darat lebih sulit ketimbang jalur sungai

KPUD OI Ditribusi Surat Suara Pilkada Lewat Jalur SungaiPenyaluran logistik di kawal Polsek Pumulutan (IDN Times/istimewa)

Menurut Beni, akses darat justru memberi banyak hambatan ketimbang distribusi logistik via sungai. Pihaknya lebih memilih jalur sungai yang lebih cepat.

"Sebenarnya bisa saja distribusi lewat jalur darat, namun waktu tempuhnya lebih lama. Lagi pula, kendaraan roda empat tidak bisa masuk desa karena jalan yang sempit," jelas dia.

Baca Juga: Polrestabes Palembang Lepas 147 Personel Bantu Amankan TPS

2. Total ada 94 TPS di 25 desa se-Pumulutan

KPUD OI Ditribusi Surat Suara Pilkada Lewat Jalur SungaiPenyaluran logistik menggunakan kapal (IDN Times/istimewa)

Sejak pukul 08.00 WIB, tim dari PPK sudah berkumpul untuk memastikan pengiriman logistik ke tiga desa yang berjumlah 12 kotak suara. Titik pertama yang dituju adalah Desa Aur Standing yang menempuh perjalanan 20 menit dengan lima TPS.

Lalu dilanjutkan menuju Desa Palu yang memakan waktu perjalanan lewat sungai selama 10 menit dengan lima TPS. Desa terakhir yang menjadi lokasi distribusi kotak dan surat suara tersebut yakni Desa Kedukan Bujang dengan tiga TPS.

"Total 31.827 surat suara dan 94 kotak suara didistribusikan untuk 94 TPS di 25 desa ke seluruh Kecamatan Pemulutan," jelas dia.

Baca Juga: Jadi Kandidat Paling Disukai, Panca Ungguli Ilyas di Survei Pilkada OI

3. Polisi kawal logistik hingga penghitungan suara

KPUD OI Ditribusi Surat Suara Pilkada Lewat Jalur SungaiIlustrasi pilkada serentak (IDN Times/Mardya Shakti)

Kapolsek Pemulutan, Iptu Apriyadi menegaskan, proses distribusi surat dan kotak suara dari KPU OI ke PPK Pemulutan hingga ke seluruh TPS berjalan aman dan lancar.

"Semua berjalan aman dan lancar. Ada beberapa desa yang harus ditempuh melalui sungai, namun tidak ada kendala berarti," ujar dia.

Ke depan, pihaknya akan melakukan pengamanan hingga hari pencoblosan hingga proses penghitungan suara dilakukan.

"Pengamanan ini benar-benar kami tingkatkan untuk mencegah segala potensi kecurangan, sebab memang ini perintah atasan," tutup dia.

Baca Juga: DKPP Periksa Laporan Pelanggaran Etik Bawaslu dan KPUD Ogan Ilir 

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya