Ganja 1,4 Kilo Gagal Diselundupkan Lewat Bandara SMB II Palembang 

Ganja tersebut rencananya dikirim ke Lombok

Palembang, IDN Times - Sebanyak 1,4 kilogram ganja kering gagal diselundupkan dari terminal kargo bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang. Ganja kering tersebut akan dikirim ke ibu kota Nusa Tenggara Barat (NTB), Lombok, Jumat (12/5/2023) pagi.

"Penyelundupan ini dilakukan di jam padat aktivitas terminal kargo. Ganja kering itu dikemas dalam plastik hitam yang terdeteksi mesin pemeriksaan x-ray," ungkap Danlanud Sri Mulyono Herlambang, Kolonel Pnb Sigit Gatot Prasetyo, Jumat (12/5/2023).

Baca Juga: Sepasang Kekasih di Muba Kompak Menjadi Pengedar Ekstasi

1. Ganja dikirim melalui jasa pengiriman barang

Ganja 1,4 Kilo Gagal Diselundupkan Lewat Bandara SMB II Palembang Barang bukti ganja yang gagal diselundupkan melalui terminal kargo (Dok: istimewa)

Sigit menerangan, kantong plastik hitam itu dikirim oleh pelaku menggunakan jasa ekspedisi pesawat terbang. Rencananya, paket itu dibawa melalui Bandara SMB II Palembang dan transit di terminal kargo Bandara Soekarno Hatta (Soetta) di Tanggerang.

"Sesuai dengan prosedur, barang sebelum masuk ke pesawat dilakukan scaning di fasilitas terminal kargo. Alhamdulillah berkat kejelian dan ketelitian petugas Avsec dan petugas keamanan lain, tim bisa menggagalkan penyelundupan ganja dari Palembang ke luar," beber dia.

Baca Juga: Bahan Baku Ekstasi Asal Jerman Dikirim ke OKI Lewat Pos Indonesia 

2. Sudah 3 kali pengiriman ganja dari SMB II sejak 2022

Ganja 1,4 Kilo Gagal Diselundupkan Lewat Bandara SMB II Palembang Ilustrasi daun ganja. (IDN Times/Arief Rahmat)

Usaha penyelundupan barang ilegal lewat terminal kargo sudah sering terjadi di Bandara SMB II. Sejak 2022, silam petugas gabungan keamanan bandara telah mengagalkan tiga kali pengiriman narkotika di terminal kargo.

"Selama kurun Agustus 2022 hingga Mei 2023 sudah ada tiga kali upaya percobaan penyelundupan narkotika melalui terminal kargo Bandara SMB II Palembang," jelas dia.

Pengiriman ganja melalui kargo menjadi modus operandi baru oleh pelaku penjual narkotika. Sebanyak 3,8 kilogram ganja kering yang coba diselundupkan selama setahun terakhir.

"Kami menggagalkan penyelundupan 2 kilogram ganja pada Oktober 2022, pada Januari 2023 ada 460 gram ganja kering, dan terakhir kami kembali menggagalkan penyelundupan ganja kering seberat 1,4 kilogram," ungkap dia.

3. Barang bukti diserahkan ke polisi

Ganja 1,4 Kilo Gagal Diselundupkan Lewat Bandara SMB II Palembang Reuters.com

Sigit menerangkan, penyelundupan narkotika melalui jalur udara menjadi perhatian khusus semua pihak, karena untuk menyelamatkan generasi muda dari bahaya penyalahgunaan narkoba. 

"Barang bukti ganja ini kami serahkan ke Direktorat Reserse Narkoba Polda Sumsel untuk penyelidikan lebih lanjut, sesuai dengan prosedur hukum yang berlaku," tutup dia.

Baca Juga: Yakin Suaminya Dijebak Narkoba, Seorang Wanita Datangi Polda Sumsel

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya