PUPR Palembang Fokus Perbaikan Jalan Sukawinatan dan Sukabangun

Proyek perbaikan jalan ditarget selesai 2021

Palembang, IDN Times - Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kota Palembang terus mengejar target perbaikan jalan tahun 2020. Pihaknya tengah memprioritaskan jalan rusak yamg berada di Sukawinatan dan Sukabangun.

"Kita ada listing memperbaiki sejumlah ruas jalan. Terbaru, target perbaikan kita melanjutkan proyek yang memang belum tuntas," ujar Kepala Dinas PUPR Palembang, Ahmad Bastari kepada IDN Times, Kamis (1/4/2021).

1. Sudah lakukan perbaikan di Jalan Perjuangan Palembang

PUPR Palembang Fokus Perbaikan Jalan Sukawinatan dan SukabangunKepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Palembang, Ahmad Bastari (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Selain dua jalan tersebut, Dinas PUPR Palembang juga sedang menuntaskan Jalan Perjuangan yang diresmikan bulan lalu melalui bantuan Pemerintah Provinsi Sumatra Selatan (Pemprov Sumsel) senilai Rp6,9 miliar.

"Untuk Jalan Perjuangan yang telah diperbaiki melalui Bangub sepanjang 2,4 km, dengan ketebalan 30 sentimeter dan lebar 6 meter. Tak hanya perbaikan jalan, juga dilakukan perbaikan drainase 500 meter," kata dia.

Baca Juga: 2 Kamera ETLE Sudah Terpasang di Jalan Palembang, Ini Lokasinya  

2. Pemkot Palembang usulkan perbaikan 150 ruas jalan

PUPR Palembang Fokus Perbaikan Jalan Sukawinatan dan SukabangunIlustrasi jalan rusak (IDN Times/Wildan Ibnu)

Bastari menerangkan, Pemkot Palembang juga mengusulkan perbaikan sekitar 150 ruas jalan yang menjadi kewenangan pihaknya.

"Jalan-jalan yang diusulkan untuk perbaikan masih dalam tahap verifikasi dari Pemerintah Pusat. Sebab, ada jenjang prioritas yang menjadi indikator usulan disetujui," jelasnya.

3. Bappeda Litbang turut serta perbaikan jalan dan drainase di Palembang

PUPR Palembang Fokus Perbaikan Jalan Sukawinatan dan SukabangunKepala Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapedda) Palembang, Harrey Hadi (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Kepala Bappeda-Litbang Kota Palembang, Harrey Hadi menambahkan, Pemkot juga melakukan pelebaran jalan dan memperbaiki drainase. Pihaknya bakal melakukan pelebaran Jalan Parameswara sepanjang 700 meter.

"Di sisi kiri dan kanan jalan tersebut banyak bangunan, jadi harus punya drainase dulu sebelum dilakukan pembebasan lahan," tambah dia.

4. Penuntasan proyek jalan parameswara di Palembang belum dilakukan

PUPR Palembang Fokus Perbaikan Jalan Sukawinatan dan SukabangunIlustrasi jalan rusak (IDN Times/Ervan Masbanjar)

Namun kapan waktu pengerjaan proyek pelebaran jalan dan perbaikan drainase, Pemkot Palembang belum bisa memastikan jadwal pasti. Sebab informasi dari BBPJN V Sumatr, pembebasan lahan belum bisa dilakukan.

"Untuk pengerjaan sepertinya belum dapat kita lakukan tahun ini, karena harus membangun lokasi prioritas untuk mencegah kerusakan konstruksi," tandas dia.

Baca Juga: Kejati Sumsel Tahan Oknum ASN Korupsi Proyek Jalan Ogan Ilir

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya