Penantian 30 Tahun Enna Sebagai Guru Honorer di Palembang

Enna bersyukur akan menikmati gaji layak sebagai PPPK 

Palembang, IDN Times - Lebih dari seperempat abad atau sekitar 30 tahun bekerja sebagai guru honorer, akhirnya Enna menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Ibu guru berusia 54 tahun ini membuktikan jika usaha diiringi doa akan menghasilkan kebahagiaan luar biasa. Senyum Enna terpancar saat Wali Kota (Wako) Palembang, Harnojoyo, melantiknya menjadi PPPK.

"Ikut tes, belajar, usaha, dan selalu berdoa, Alhamdulillah lulus setelah penantian 30 tahun," kata dia usai pelantikan PPPK di Rumah Dinas Wako Palembang, Selasa (19/7/2022).

Baca Juga: Janjikan Kontrak Tak Diputus, Honorer Palembang Diminta Fokus Kerja

1. Guru honorer di Palembang menerima gaji di bawah UMK puluhan tahun

Penantian 30 Tahun Enna Sebagai Guru Honorer di PalembangPelantikan CPNS dan PPPK Palembang di Rumah Dinas Walikota Jalan Talang Semut (IDN Times/Istimewa)

Puluhan tahun mengajar di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 139 Palembang, dilakukan Enna meski menerima pendapatan yang minim. Bagi sosok tanpa tanda jasa ini, gaji yang jauh di bawah Upah Minimun Kota (UMK) merupakan hal biasa.

"Karena saya senang (mengajar), saya terima (gaji minim), yang penting anak-anak bisa menerima ilmu," ujarnya.

Baca Juga: Anggaran Pemkot Palembang Belum Mampu Menggaji Layak PPPK Guru

2. Guru PPPK berhak menerima gaji layak

Penantian 30 Tahun Enna Sebagai Guru Honorer di PalembangPelantikan CPNS dan PPPK Palembang di Rumah Dinas Walikota Jalan Talang Semut (IDN Times/Istimewa)

Meski memasuki umur tak muda lagi, Enna bersyukur di usia senjanya menerima kabar menjadi bagian di Pemerintah Kota (Pemkot) sebagai PPPK. Paling tidak di akhir masa pensiun ia mengajar, Enna menerima gaji bulanan dengan nominal yang layak.

"Bersyukur setelah bertahun-tahun, gaji guru yang cukup bisa diterima sebagai PPPK. Alhamdulillah hari ini pelantikan resmi setelah SK sudah diberi duluan," timpal dia.

3. Pelantikan menjadi momen paling ditunggu para guru PPPK

Penantian 30 Tahun Enna Sebagai Guru Honorer di PalembangPelantikan CPNS dan PPPK Palembang di Rumah Dinas Walikota Jalan Talang Semut (IDN Times/Istimewa)

Sejak menerima undangan pelantikan PPPK di Rumah Dinas Wako Palembang, ia selalu membayangkan momen tersebut setiap hari. Enna bersyukur, keinginan dan harapannya terwujud.

"Bahagianya tidak bisa diceritakan. Sejak menerima undangan akan dilantik dari semalam susah tidur dan tidak sabar menunggu pagi ini," ungkapnya.

4. Wako Palembang berharap semua PPPK dan CPNS amanah menjalankan tugas

Penantian 30 Tahun Enna Sebagai Guru Honorer di PalembangWali kota Palembang Harnojoyo (IDN Times/Dok. Kominfo Palembang)

Wako Palembang, Harnojoyo menambahkan, dirinya juga melantik Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang lulus melalui seleksi Computer Assisted Test (CAT) pada 2021.

"Total ada 559 guru PPPK dan 69 CPNS resmi dilantik. Selamat bekerja, serta menjadi pelayan abdi negara yang amanah dan menjalankan dengan sebaik-baiknya," tandas dia.

Baca Juga: Pemkot Palembang Bakal Temui Kemenpan RB Perjuangkan Honorer

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya