Harnojoyo Berjanji Palembang Tanpa Jalan Rusak Tahun Depan

Sekitar 17 persen jalan rusak di Palembang belum diperbaiki

Palembang, IDN Times - Wali Kota (Wako) Palembang, Harnojoyo, menjanjikan tidak ada lagi keluhan dari warga terkait permasalahan kerusakan jalan mulai tahun depan.

"Program kerja prioritas Pemkot tahun depan memperbaiki jalan rusak agar keluhan masyarakat berkurang," ujarnya, Senin (5/12/2022).

Baca Juga: Wako dan Wawako Palembang Beda Pendapat Soal Lift di Jembatan Ampera

1. Perbaikan jalan diklaim sudah 90 persen

Harnojoyo Berjanji Palembang Tanpa Jalan Rusak Tahun DepanSuasana jalan di Jakabaring Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Harnojoyo menyampaikan, perbaikan jalan rusak di sejumlah ruas sudah tuntas 90 persen pada tahun ini. Namun karena keterbatasan anggaran, perbaikan dilanjutkan tahun depan.

"Perbaikan jalan rusak yang jadi kewenangan Pemkot sebanyak 1.204 ruas. Tahun ini perbaikan tidak selesai seluruhnya," kata dia.

Baca Juga: Lift di Jembatan Ampera Mulai Dipasang, Begini Penampakannya

2. Tuntaskan jalan rusak tahun depan

Harnojoyo Berjanji Palembang Tanpa Jalan Rusak Tahun DepanWawako Palembang, Fitrianti Agustinda tinjau jalan rusak dan instalasi saluran air di Palembang (IDN Times/Dok. Kominfo Palembang)

Berdasarkan data Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) Palembang, sekitar 17 persen jalan rusak belum diperbaiki tahun ini.

"Tahun 2023, Insya Allah kita tuntaskan jalan-jalan rusak. Target kita lebih dari 90 persen selesai, bahkan Palembang diupayakan tidak ada lagi jalan rusak," timpalnya.

3. Target kurangi volume genangan air saat hujan

Harnojoyo Berjanji Palembang Tanpa Jalan Rusak Tahun DepanWali Kota (Wako) Palembang, Harnojoyo (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Selain memperbaiki sisa jalan rusak dan berlubang yang belum tuntas pada 2022, Pemkot Palembang juga menarget penurunan volume genangan air saat hujan turun tahun depan.

"Program ini sudah dianggarkan, dan dananya tersedia tahun 2023," kata dia.

4. PUPR Palembang anggaran terbatas

Harnojoyo Berjanji Palembang Tanpa Jalan Rusak Tahun DepanKepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Palembang Ahmad Bastari Yusak (IDN Times/Dok. Kominfo Palembang)

Kepala Dinas PUPR Palembang, Ahmad Bastari Yusak menambahkan, perbaikan jalan rusak baru mencapai 83 persen dari total ruas jalan yang ada, alasannya anggaran Pemkot pada 2022 terpotong akibat pandemik COVID-19.

"Kami pastikan sisa jalan rusak yang belum diperbaiki ini akan dikerjakan tahun depan. Kita akan fokus peningkatan anggaran 2023," jelasnya.

Baca Juga: Update Flyover Simpang Sekip, Masih Fokus Drainase 28 Persen

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya