Comscore Tracker

Cegah Corona B117 Masuk Palembang, Harnojoyo Ajak Warga Berdoa

Wako Palembang belum mau memperketat pintu masuk daerah

Palembang, IDN Times - Wali Kota (Wako) Palembang, Harnojoyo, mengajak semua lapisan masyarakat berdoa bersama agar mutasi baru virus corona B117 tidak masuk ke Bumi Sriwijaya.

"Ada mutasi-mutasi lain lagi kita repot lah. Kita berdoa mudah-mudahan virus ini segera berakhir," ujarnya kepada IDN Times usai meninjau pembangunan Sekanak Lambidaro Lebak Cindo, Jumat (5/3/2021).

1. Antisipasi B117 jadi kebijakan Dinkes

Cegah Corona B117 Masuk Palembang, Harnojoyo Ajak Warga BerdoaIlustrasi virus corona (IDN Times/Arief Rahmat)

Menyoal bagaimana kebijakan teknis dari Pemerintah Kota (Pemkot), Harnojoyo justru meminta supaya masyarakat jangan berandai-andai dengan kasus yang belum ada.

"Iya kalau ada nanti lah. Nanti kita lihat teknisnya, karena sebenarnya standar kesehatan jadi kebijakan Dinkes. Mudah-mudahan virus yang menghantui ini bisa lepas, karena sudah memperburuk perekonomian kita," kata dia.

Baca Juga: Palembang Zona Merah, Harnojoyo Larang Warganya Keluar Kota

2. Harnojoyo sebut virus corona akibatkan pertumbuhan ekonomi jadi minus

Cegah Corona B117 Masuk Palembang, Harnojoyo Ajak Warga BerdoaPetugas kesehatan memberikan pengarahan kepada relawan saat simulasi uji klinis vaksin COVID-19 di Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran, Bandung, Jawa Barat, Kamis (6/8/2020) (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)

Ia mengatakan, langkah penting untuk melindungi diri dengan mengedepankan disiplin protokol kesehatan (prokes). Jika semua patuh, ia yakin virus tidak akan berkembang.

"Tetap doanya jangan sampai virus masuk karena pengaruh juga ke ekonomi. Kemarin mendapat informasi dari pimpinan BI Sumsel, pertumbuhan ekonomi kita sampai minus 0,11," timpalnya.

3. Dinkes Palembang antisipasi penyebaran B117 dengan 3T

Cegah Corona B117 Masuk Palembang, Harnojoyo Ajak Warga BerdoaJuru Bicara Gugus Tugas Penanganan Percepatan COVID-19 di Palembang, Yudhi Setiawan (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Kasi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Dinkes Palembang, Yudhi Setiawan menambahkan, Pemkot Palembang mengantisipasi agar B117 tidak masuk dengan tetap melakukan 3T (Tracing, Testing, dan Treatment).

"Testing tetap jalan seperti biasa, di mana orang yg memenuhi kriteria suspek akan kami tes. Sedangkan imunisasi tetap jalan dengan sasaran priotitas. Diagnosa uji klinis tetap pakai swab PCR," tambah dia.

4. Dishub Palembang tidak punya kewenangan menjaga pintu masuk kawasan

Cegah Corona B117 Masuk Palembang, Harnojoyo Ajak Warga BerdoaIlustrasi pemeriksaan protokol kesehatan (Dok. IDN Times)

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Palembang, Agus Rizal melanjutkan, pihaknya tidak memiliki kewenangan untuk memperketat pintu masuk daerah untuk mengantisipasi virus B117.

"Kalau penetapan kebijakan bukan kita, tapi semua kembali ke Wali Kota. Kalau ada arahan baru bergerak," tandas dia.

Baca Juga: Ini Alasan Rencana Apartemen 34 Lantai di Palembang Ditangguhkan

Topic:

  • Feny Maulia Agustin
  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya