490 Anak di Palembang Derita Stunting, Pemkot Sebut Kasusnya Turun

Pencegahan dan penangan stunting masih jadi PR pemkot

Palembang, IDN Tims - Ratusan anak di Palembang masih mengalami stunting atau kasus anak pendek yang membuat pertumbuhan balita tidak normal dari usia umumnya. Meski begitu, Pemerintah Kota (Pemkot) mengklaim angka stunting di Palembang menurun pada Maret 2022.

"Stunting masih menjadi PR kita bersama," ujar Wakil Wali Kota (Wawako) Palembang, Fitrianti Agustinda atau Finda, Jumat (15/4/2022).

1. Ajak stakeholder berkomitmen tanggulangi stunting di Palembang

490 Anak di Palembang Derita Stunting, Pemkot Sebut Kasusnya TurunIlustrasi kegiatan posyandu. ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas

Fitri sebagai Ketua Penanggulan Stunting di Palembang mengatakan, dirinya bersama tim dari Dinas Kesehatan (Dinkes) masih berupaya menanggulangi stunting yang dialami bayi dan balita.

"Kita harus terus berkomitmen bersama stakeholder terkait, mulai dari Camat, Puskesmas, dan Dinkes. Kita berupaya mengalokasikan dana yang akan dimanfaatkan untuk menyelesaikan stunting," jelas dia.

Baca Juga: [WANSUS] Perkembangan Stunting di Palembang dan Penanganannya

2. Mulai memetakan ibu-ibu hamil di Palembang

490 Anak di Palembang Derita Stunting, Pemkot Sebut Kasusnya TurunUpaya pencegahan stunting. ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas

Berdasarkan data sementara pada Maret 2022, angka stunting di Palembang menurun lebih dari 50 persen. Jika sebelumnya mencapai 1.100 anak, namun saat ini sudah sekitar 490 orang anak.

"Upaya pencegahan dengan memetakan ibu-ibu hamil yang berpotensi stunting dan kita lakukan perawatan," katanya.

3. Targetkan zero kasus stunting di Palembang pada 2023

490 Anak di Palembang Derita Stunting, Pemkot Sebut Kasusnya TurunIlustrasi (ANTARA FOTO/Anis Efizudin)

Finda mengaku dirinya membuat forum komunikasi mulai dari tingkat kecamatan untuk meningkatan pengawasan ibu-ibu hamil. Serta mengedukasi dan menyosialisaikan penanganan stunting.

"Kita sebagai orangtua asuh tentu harus mengawasi dan mengedukasi agar kasusnya nol pada 2023. Maka itu, perlu rutin melakukan pengawasan stunting dan mengajak ibu hamil memeriksakan kandungan sejak dini," tandas dia.

Baca Juga: Nah Lho, Ada 4.641 Balita di Palembang Mengalami Kasus Stunting

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya