CJH Kloter Pertama Embarkasi Padang Mulai Berangkat ke Tanah Suci

Kemenag Sumbar memprioritaskan CJH lansia tahun ini

Padang, IDN Times - Calon Jemaah Haji (CJH) embarkasi Padang, Sumatra Barat (Sumbar), mulai diberangkatkan ke Tanah Suci melalui Bandara International Minangkabau (BIM), Senin (5/6/2023) pukul 01.30 WIB

Sebanyak 388 CJH yang berangkat tergabung dalam kelompok terbang (kloter) pertama, bersama lima petugas kloter dan dua Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD).

"Kloter pertama sudah diterbangkan ke Madinah dini hari tadi," kata Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Sumbar, Helmi, Senin (5/6/2023).

Baca Juga: 6 Kloter Palembang Sudah Diberangkatkan, 2.121 CJH Berada di Makkah

1. CJH lansia mendapat prioritas

CJH Kloter Pertama Embarkasi Padang Mulai Berangkat ke Tanah SuciPemberangkatan Kloter Pertama Embarkasi Haji Padang. Doc. IDN Times

Helmi menegaskan, pihaknya memprioritaskan CJH lansia. Dari total kuota sebanyak 4.613 orang, ada 1.999 CJH merupakan lansia. Bahkan ada CJH yang sudah berusia di atas 95 tahun. Khusus CJH lansia, Kemenag Sumbar juga menyiapkan petugas khusus.

"Pada kloter pertama ada 151 CJH lansia, sembilan orang di antaranya mengenakan kursi roda. Berdasarkan arahan Menteri Agama, lansia menjadi prioritas. Tagline yang diusung tahun ini adalah Haji Ramah Lansia," ujar Helmi.

Baca Juga: Sumsel Terima 296 Kuota Haji Tambahan, CJH Diminta Proaktif

2. CJH tertua berusia 88 tahun

CJH Kloter Pertama Embarkasi Padang Mulai Berangkat ke Tanah SuciIlustrasi calon jemaah haji usia diatas 65 tahun. (ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho)

Helmi bilang, usia CJH tertua pada kloter pertama bernama Mansur As Sulaiman. Dia tinggal di Perumahan Indah Budi Pasar Ambacang Kuranji. Sedangkan untuk CJH termuda yakni Wulanda Khairina Khaidir berusia 24 tahun.

"Kalau embarkasi Padang memberangkatkan 17 kloter. Terdiri 12 kloter dari Sumbar, 4 kloter Bengkulu, dan satu kloter jemaah gabungan. Satu kloter terdiri dari 388 jemaah ditambah 5 petugas," katanya.

3. CJH Indonesia menghadapi cuaca ekstrem

CJH Kloter Pertama Embarkasi Padang Mulai Berangkat ke Tanah Sucipixabay

Sebelumnya, anggota Komisi VIII DPR RI Asli Chaidir mengimbau kepada para jemaah haji agar menjaga kesehatan. Sebab cuaca di Tanah Suci cukup ekstrem, yakni lebih dari 40 derajat.

"Kalau jemaah tidak mampu melaksanakan salat di Masjidil Haram, cukup salat di hotel atau masjid terdekat dari hotel. Karena pahalanya juga sama. Ini demi kesehatan kita jemaah haji," tutup Asli Chaidir

Baca Juga: 1 CJH Embarkasi Palembang Meninggal Dunia, Sempat Dirujuk ke RS

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya