Comscore Tracker

Lantik Komut BSB, Gubernur Sumsel Ingatkan Soal Target Market Share

Komut jangan masuk urusan teknis dan campur tangan

Palembang, IDN Times -Gubernur Sumsel, Herman Deru menyatakan, untuk Komisaris Utama (Komut) pada Badan Usaha Milik Daerah(BUMD) yang baru dilantik, agar memahami dan bisa memaksimalkan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) masing-masing.

"Peringatan, mereka (komut) hanya sebagai lembaga kontrol yang mengawasi kinerja. Jangan sampai masuk urusan teknis dan campur tangan. Siap segala program dalam RUPS (rapat umum pemegang saham) LB (luar biasa) untuk meningkatkan omset dan mengendalikan pemilik saham," jelasnya.

Kemudian, sambung Herman Deru, lakukan sentuhan kecil untuk nasabah agar perbankan daerah mampu memenuhi target market share.

"Menjaga aset negara juga penting, kemudian lakukan percepatan peredaran uang di daerah dengan cerdas, melihat, menganalisa, dan membaca pasar, agar pada 2020 ini MPL (Marginal Product of Labor) jadi normal," tegas dia, usai usai pelantikan Komut PT BPD Sumsel, Komut PT Penjamin Kredit Daerah, Komisaris Independen PT Penjamin Kredit Daerah dan Komisaris Independen PT Bank Perkreditan Rakyat di Bina Praja Kantor Gubernur Sumsel, Jumat (3/1).

1. Dirut BSB Akui punya tantangan berat untuk capai target market share

Lantik Komut BSB, Gubernur Sumsel Ingatkan Soal Target Market ShareGubernur Sumsel Herman Deru (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Menanggapi penekanan dari Gubernur Sumsel perbankan daerah harus mampu memenuhi target market share, Direktur Utama (Dirut) Bank Sumsel Babel (BSB) Achmad Syamsudin mengungkapkan, untuk tahun 2020 ini diakuinya bahwa untuk mencapai target market share punya tantangan yang lebih berat.

"Makin sulit tapi tetap optimistis, bukan berarti tidak sanggup. Pertama, kami terus meng-update daerah untuk mengedepankan literask keuangan dalam masyarakat. Kemudian tetap melibatkan Otoritas Jasa Keungan (OJK), guna mencapai target dari gubernur untuk menyentuh pencapaian 50 persen," ungkap dia.

2. Walau market share belum tembus target, Dirut BSB Klaim rata-rata pertumbuhan mengalami kenaikan hingga tiga persen

Lantik Komut BSB, Gubernur Sumsel Ingatkan Soal Target Market ShareDirektur Utama Bank Sumsel Babel (BSB) Achmad Syamsudin (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Syamsudin mengatakan, walau market share BSB belum menembus target, namun rata-rata pertumbuhan mengalami kenaikan hingga tiga persen.

"Pertama saya dilantik masih 30 persen, saat ini sudah 33 persen. Belum mencapai target menjadi catatan, tapi kita lakukan evaluasi bertahap dengan konsen dan mengedepankan produk perbankan daerah melalui sosialisasi ke desa-desa," kata dia.

3. Komut BSB Eddy Junaidy akui baru di dunia perbankan

Lantik Komut BSB, Gubernur Sumsel Ingatkan Soal Target Market ShareSuasana pelantikan Komisaris Utama (Komut) PT Bank Pembangunan Daerah (BPD) Sumatera Selatan (Sumsel) dan Bangka Belitung (Babel), Eddy Junaidy (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Sementara, Komut PT Bank Pembangunan Daerah (BPD) Sumsel dan Bangka Belitung (Babel) yang baru dilantik, Eddy Junaidy menuturkan, setelah ini pihaknya segera mengonsolidasikan visi misi perbankan, terutama dalam peningkatan pembangunan daerah.

"Secara pribadi baru dalam lingkungan perbankan, pertama rencananya dengan memulai kegiatan konsolidasi di daerah. sesuai harapan gubernur, direksi Bank Sumsel Babel harus segera mengevaluasi konsep-konsep perbankan yang kurang efektif dalam program kerja," tutur dia.

Baca Juga: Bank SumselBabel Mulai 'Goda' Anggota DPRD Terpilih hingga Rp1,5 Miliar

4. Tugas Komut ke depan melakukan pengawasan aktif dalam memperbaiki visi misi Bank Sumsel Babel

Lantik Komut BSB, Gubernur Sumsel Ingatkan Soal Target Market ShareKomisaris Utama (Komut) PT Bank Pembangunan Daerah (BPD) Sumatera Selatan (Sumsel) dan Bangka Belitung (Babel), Eddy Junaidy (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Eddy menyampaikan, modal utama dalam melaksanakan konsolidasi antar direksi perbankan adalah mengedepankan persaingan dan melakukan pengawasan atau controller terhadap market share daerah.

"Tugas ke depan adalah segara menuntaskan pengawasan aktif dalam memperbaiki visi misi Bank Sumsel Babel untuk meningkatkan kinerja menjadi lebih unggul, sehingga berdampak pada pembangunan perbankan daerah Sumsel bersaing dengan bank-bank konvensional," tandas dia.

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Topic:

  • Feny Maulia Agustin
  • Sidratul Muntaha

Berita Terkini Lainnya