Comscore Tracker

Dorong Minat Digitalisasi di Sumsel, Komunitas Patal Berbagi Ilmu IT

Baru terbentuk pada 21 April 2020

Palembang, IDN Times - Minat digitalisasi warga Sumatera Selatan (Sumsel) khususnya Palembang, dinilai belum terlalu populer dibandingkan kota-kota besar lain di Indonesia. Hal ini mendorong sekelompok anak muda asli Bumi Sriwijaya membentuk komunitas bernama Palembang Digital atau Patal.

Inisiatif berdirinya komunitas Patal tak terlepas dari keberhasilan Palembang menyelenggarakan beberapa event internasional, didukung dengan fasilitas transportasi yang berkembang pesat terutama LRT.

"Tapi kemajuan ini tidak seiring dengan daya saing digital index yang maksimal. Sehingga kami ingin mewujudkan inovasi baru dalam dunia teknologi, dengan mendemonstrasikan ilmu IT lewat beragam webdinar," ujar Joneten Saputra, salah satu penggagas Komunitas Patal kepada IDN Times, Jumat (14/6).

1. Anggota komunitas Patal terdiri dari para startup muda

Dorong Minat Digitalisasi di Sumsel, Komunitas Patal Berbagi Ilmu ITIlustrasi belajar digitalisasi secara online (IDN Times/Dokumen)

Baru terbentuk pada 20 April lalu, komunitas Patal pertama kali muncul melalui ide cemerlang para startup muda yang pernah bekerja di perusahaan teknologi, dan berkaitan erat dengan digitalisasi. Mereka adalah Sofian Hadiwijaya, Arief Rahmansyah, Roylisto dan Faisal Morensya.

"Banyak yang berpengalaman di dunia startup (perusahaan rintisan) dan bekerja di perusahaan nasional atau internasional seperti Gojek, Tiket.com, Tokopedia, Delivery Hero UAE, RCTI plus, Kredivo dan lainnya," kata dia.

Baca Juga: Daftar Nikah Online, Penghulu Bisa Tolak Pelanggar Protokol

2. Sharing ilmu teknologi diharapkan mampu meningkatkan daya saing digitalisasi

Dorong Minat Digitalisasi di Sumsel, Komunitas Patal Berbagi Ilmu ITPeringkat daya saing digitalisasi Palembang (IDN Times/Dokumen)

Berdasarkan data East Venture Digital Competitiveness Index 2020, Sumsel saat ini berada di peringkat 18 dari 34 provinsi, atau posisi ke-4 di pulau Sumatera. Indikator penilaian saing tersebut, salah satunya melihat kualitas SDM dengan tingkat berkemampuan digital yang maksimal.

"Ada gap pengetahuan di bidang IT antara Sumsel dan daerah lain, semakin jauh khususnya dibandingkan dengan Jakarta, membuat Sumsel sulit bersaing. Sharing ilmu pengetahuan bidang IT bisa mengurangi gap knowledge tersebut," terang Jo sapaan akrab dia.

3. Bertujuan melahirkan regenerasi ekosistem digital

Dorong Minat Digitalisasi di Sumsel, Komunitas Patal Berbagi Ilmu ITIlustrasi sharing session atau pelaksanaan webdinar Palembang Digital (IDN Times/Dokumen)

Jo menjelaskan, komunitas Patal berfokus untuk menciptakan SDM, khususnya masyarakat Sumsel agar memiliki kemampuan unggul di bidang digita. Misinya menjadikan semua talenta lokal mempunyai jiwa yang kolaboratif dan inovatif, dengan pembelajaran melalui workshop.

"Serta membuat ekosistem digital yang selalu regenerasi untuk keberlangsungan talenta lokal, meningkatkan skill dan wawasan di bidang digital software development, infrastruktur IT, juga menerima pengetahuan khusus industrsi digital," jelasnya.

Baca Juga: Megapiksel Tak Melulu Tentukan Kualitas Foto HP, Ketahui Fungsi Sensor

4. Komunitas Patal harap pemerintah turut mendukung program digitalisasi

Dorong Minat Digitalisasi di Sumsel, Komunitas Patal Berbagi Ilmu ITUNSPLASH/Franck V

Komunitas Patal pun terbuka untuk publik, siapapun itu tanpa ada syarat tertentu. Paling penting adalah seseorang yang sangat tertarik dengan dunia digitalisasi dan berminat mengikuti workshop session, unjuk kreasi karya digital, paham program dan materi digital, serta berkeinginan tinggi berkontribusi terhadap kemajuan digital di Sumsel.

"Program berbagi bakal dilakukan rutin saling mendiskusikan pengalaman dan membedah materi. Harapannya komunitas ini mendapatkan support dari pemerintah daerah atau perusahaan lokal untuk memajukan komunitas. Buat yang ingin bergabung bisa kunjungi palembangdigital.org atau instagram palembang_digital," tandas dia.

Baca Juga: Kemampuan Aplikasi PeduliLindungi Cegah Corona, Begini Cara Pakainya 

Topic:

  • Feny Maulia Agustin
  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya