Niat Memancing, Seorang Pria di Muratara Tewas Digigit Ular

Polisi menemukan bekas gigitan ular di kaki korban

Musi Rawas Utara, IDN Times - Seorang pria bernama Harmoko (35), warga Kampung VII Desa Lubuk Rumbai, Kecamatan Rupit, Kabupaten Muratara, ditemukan tewas di pinggir siring rawa PT Dendi di Desa Bingin Rupit, Minggu (2/7/2023) sekitar pukul 10.00 WIB.

Korban merupakan petani setempat yang diduga tewas akibat dipatuk ular berbisa. Sebab ditemukan luka seperti gigitan ular di bagian atas mata kaki sebelah kiri.

Baca Juga: Kisah Pilu Balita Meninggal Saat Digendong Orangtua ke Puskesmas

1. Korban pamit pergi memancing

Niat Memancing, Seorang Pria di Muratara Tewas Digigit UlarIlustrasi jenazah (IDN Times/Sukma Shakti)

Kapolsek Rupit, Iptu Khoiril bersama Kasi Humas, AKP Baruanto mengatakan, korban pergi dari rumah pada Minggu. Ia pamit kepada istrinya untuk pergi memancing di siring (saluran air) PT Dendi di Desa Bingin Rupit. 

"Namun pada sore hari, korban belum juga kembali pulang ke rumah. Keluarganya mulai merasa curiga. Pada pukul 20.00 WIB, pihak keluarga memutuskan untuk melakukan pencarian," ujarnya.

Baca Juga: Takut Lapak Dibongkar Satpol PP, PKL Bermalam di Pasar 16 Ilir

2. Korban ditemukan dalam posisi kaku terlentang

Niat Memancing, Seorang Pria di Muratara Tewas Digigit UlarIlustrasi jenazah. (eastidahonews.com)

Sekitar pukul 02.30 WIB, dua orang saksi bernama Sufandi dan Latif menemukan mayat korban di PT Dendi Blok H/I, tepat di pinggir siring rawa Desa Bingin Rupit. 

"Mayat tersebut kemudian dievakuasi dan dibawa ke RSUD Rupit. Pihak keluarga korban menolak untuk pemeriksaan medis terhadap jenazah," jelasnya.

Ia menambahkan, pihak kepolisian yang tiba di Tempat Kejadian Perkara (TKP) menemukan korban sudah kaku terlentang. Ia mengenakan celana panjang dan sepasang sepatu. Baju kaos warna merah yang dikenakan korban terdapat di bawah tubuhnya. 

"Ketika mayat tersebut dibalik, terlihat luka di bagian atas mata kaki sebelah kiri yang menyerupai gigitan ular, serta terdapat buih yang keluar dari mulut korban. Dugaan sementara korban meninggal dunia akibat digigit ular berbisa," ungkap Kapolsek.

3. Keluarga korban menolak autopsi jenazah

Niat Memancing, Seorang Pria di Muratara Tewas Digigit Ularilustrasi (IDN Times/Mardya Shakti)

Beberapa barang bukti yang ditemukan di lokasi antara lain satu helai pakaian kaos hitam milik korban, satu helai celana panjang cokelat, satu helai baju yang digunakan korban, dan satu unit sepeda motor tanpa plat nomor.

"Penting untuk dicatat bahwa pemeriksaan medis belum dilakukan. Pihak keluarga korban menolak pemeriksaan medis dan autopsi terhadap jenazah, dan hal ini tertuang dalam surat pernyataan yang diberikan oleh keluarga," tegasnya.

Baca Juga: Ratusan Ikan Mati di Sungai Indralaya Akibat Limbah Pabrik

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya