Patung Soekarno yang Viral di Banyuasin Ditutup Terpal

Patung senilai Rp500 juta ditutup agar pekerja bisa fokus

Banyuasin, IDN Times - Setelah menjadi sorotan warga karena wajah Soekarno tidak mirip aslinya, kini patung yang masih dibangun di kawasan Bung Karno Sport Center, Jalan Lintas Kecamatan Banyuasin III, Kabupaten Banyuasin, Sumatra Selatan (Sumsel), akhinya ditutup menggunakan terpal.

Terpal mengelili bagian atas patung untuk menutup wajah Soekarno yang tembab, Jumat (22/9/2023). Meskipun ditutupi terpal, beberapa pekerja masih terlihat masih melakukan pengerjaan patung Bung Karno.

Baca Juga: Tugu Soekarno di Banyuasin Disorot, Pipi Tembam dan Tak Proporsional

1. Ditutup terpal agar pekerja bisa fokus

Patung Soekarno yang Viral di Banyuasin Ditutup Terpal(Patung Soekarno yang ditutup terpal di Banyuasin agar para pekerja fokus selesaikan pekerjaan) IDN Times/istimewa

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Tata Ruang (PUTR) Banyuasin, Ardi Arfani menyebutkan, rapat bersama pihak kontraktor memutuskan patung tersebut akan diperbaiki. Namun sebelum itu dilakukan, terpal dipasang agar pekerja lebih fokus saat bekerja.

"Supaya yang bekerja konsen, namanya juga masih berproses. Saya belum lihat ke lapangan secara langsung, jadi belum tahu. Tidak apa-apa ditutup biar tidak kepanasan juga," katanya.

Baca Juga: Gawat, Kasus ISPA Akibat Kabut Asap di Palembang Jadi 9 Ribu!

2. Terpal bakal dibuka jika selesai dibangun

Patung Soekarno yang Viral di Banyuasin Ditutup Terpal(Pembangunan tugu Soekarno di Banyuasin) IDN Times/istimewa

Ia menambahkan, terpal patung Soekarno akan dibuka setelah pembangunan selesai, sehingga memungkinkan masyarakat melihat patung tersebut dalam bentuk aslinya.

"Sekarang pengerjaan lagi berproses sesuai kontrak 90 hari. Sekarang pengerjaan baru 30 hari,” ujarnya.

3. Pembangunan patung habiskan dana Rp500 juta

Patung Soekarno yang Viral di Banyuasin Ditutup Terpal(Pembangunan tugu Soekarno di Banyuasin) IDN Times/istimewa

Sebelumnya patung Soekarno yang dibangun di kawasan Bung Karno Sport Center Banyuasin memiliki wajah hingga tubuh yang terlihat gempal alias gemuk, terutama pada bagian muka yang tampak tembam.

Patung itu tidak mirip sama sekali dengan Sang proklamator Republik Indonesia. Padahal, pembangunan patung Soekarno menghabiskan dana Rp500 juta yang berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Banyuasin.

Baca Juga: Pelajar Palembang Ini Dituduh Intip Tetangga Mandi Hingga Dianiaya

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya