Muba Mencari Sekda, Apriyadi: Pejabat Eselon II Terbaik

Pastikan tak ada mutasi pejabat selama menjadi Plh Bupati

Musi Banyuasin, IDN Times - Usai ditunjuk sebagai Pelaksana harian (Plh) Bupati Musi Banyuasin (Muba), Apriyadi langsung mengumpulkan seluruh pejabat dan staf di Pemkab Muba, Selasa (24/5/2022).

Apriyadi menegaskan, dirinya akan memutuskan siapa sosok yang diusulkan sebagai Pejabat Sekretaris Daerah (Pj Sekda) kepada Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) dalam waktu dekat.

1. Seluruh pejabat berpeluang jadi Sekda

Muba Mencari Sekda, Apriyadi: Pejabat Eselon II Terbaik(Gubernur Sumsel Herman Deru saat melantik Apriyadi menjadi PLH Bupati Muba) IDN Times/Istimewa

"Kalau perintah Gubernur Sumsel, Herman Deru, saya diminta mengusulkan Pj Sekda dan kita sedang mempelajari dulu. Yang jelas kalau secara kepangkatan Eselon II, artinya seluruh kepala OPD bisa memenuhi syarat," ujarnya.

Apriyadi memastikan, pihaknya akan menunjuk Eselon II terbaik untuk mengisi Pj Sekda. Ia memastikan tidak bisa sembarangan untuk mengusulkan nama karena menyangkut kompetensi dan kualifikasi.

Baca Juga: Apriyadi Jabat Plh Bupati Muba, Ini Alasan Deru Belum Tunjuk Pj 

2. Pastikan situasi tetap kondusif dan tak ada mutasi

Muba Mencari Sekda, Apriyadi: Pejabat Eselon II Terbaik(Plh Bupati Muba Apriyadi) IDN Times/Istimewa

"Saya ingin semua harus kondusif. Saya pastikan tidak ada pelantikan. Seperti saya mendengar ada pejabat ketika apel pamitan kepada stafnya karena sebentar lagi akan mutasi. Saya pastikan tidak ada mutasi seperti kegaduhan yang saya dengar beberapa waktu lalu," tegasnya.

Apriyadi menegaskan bila Mendagri mengeluarkan Surat Keputusan untuk pelantikan pejabat, dirinya sebagai Plh Bupati tidak berwenang melaksanakan hal tersebut.

"Nanti Pj Bupati yang mengusulkan Pj Sekda begitu dilantik. Kalau sekarang tidak mungkin Pj Sekda yang mengusulkan Sekda itu sendiri," terangnya.

3. Fokus jalankan roda pemerintahan dan pelayanan masyarakat

Muba Mencari Sekda, Apriyadi: Pejabat Eselon II Terbaik(Plh Bupati Muba Apriyadi saat menggelar rapat bersama OPD) IDN Times/Istimewa

Ia menegaskan, hal penting baginya adalah menjalankan roda pemerintahan mengingat pelayanan kepada masyarakat tidak boleh berhenti. 

"Sejumlah proyek yang akan dilelang, segera lakukan lelang. Jangan ditunda karena pemerintahan di Kabupaten Muba harus berjalan," ujarnya.

Apriyadi juga meminta kepada semua perangkat daerah agar bekerja sesuai dengan aturan. Apabila ada kendala, ia meyakni hal tersebut bisa diselesaikan bersama-sama.

“Kita telah tertinggal beberapa bulan. Saya minta kawan-kawan OPD melakukan percepatan. Ambil langkah strategis dari jadwal yang ada, taat asas, waktu, dan disiplin, jangan bertele-tele. Kalau bisa sejumlah kegiatan selesai semua,” tutupnya.

Baca Juga: Beni Hernedi dan Apriyadi Diperiksa KPK Sebagai Saksi Kasus Dodi Reza

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya