Dishub Muba Siaga Mobil Derek Gratis di Sepanjang Jalintim

Mobil derek standby 24 jam selama arus mudik lebaran

Musi Banyuasin, IDN Times - Jelang puncak arus mudik 2022 yang diprediksi mulai Jumat (29/4/2022), Dinas Perhubungan Kabupaten Musi Banyuasin (Dishub Muba) mulai melakukan persiapan. Seperti menyiagakan mobil derek di tempat-tempat strategis.

Pelayanan mobil derek gratis ini disiapkan untuk masyarakat yang melakukan perjalanan mudik Lebaran Idul Fitri 1443 Hijriah. Mobil derek berkapasitas 3 ton disiapkan bagi kendaraan pribadi yang mengalami kendala saat melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman.

1. Prioritaskan mobil derek di jalur rawan kecelakaan Jalintim

Dishub Muba Siaga Mobil Derek Gratis di Sepanjang Jalintim(Mobil derek milik Dinas Perhubungan kabupaten Muba yang standby di Jalintim selama arus mudik) IDN Times/Istimewa

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Muba, Musni Wijaya, mengatakan mobil derek tersebut bakal ditempatkan di Jalan Lintas Timur (Jalintim) Kecamatan Sungai Lilin, karena daerah tersebut sering terjadi kemacetan.

“Tahun ini kita menyiapkan mobil derek untuk pengamanan arus mudik pada Jalintim di Sungai Lilin. Penempatan mobil derek di sana untuk mengantisipasi kemacetan jika ada mobil mogok maupun kecelakaan lalu lintas,” ujarnya.

Lanjutnya, mobil derek tersebut bertujuan untuk meminimalisir jika terjadi kemacetan karena ada kecelakaan lalu lintas atau mogoknya mobil di jalan lintas.

"Maka itu harus ditanggulangi dengan cepat dan tepat agar arus lalu lintas tetap normal atau tidak menganggu pemudik saat melintas," ungkapnya.

Baca Juga: Dirlantas Polda Sumsel Bakal Kawal Kendaraan Mudik di Jalinteng

2. Mobil derek siaga 24 jam selama arus mudik

Dishub Muba Siaga Mobil Derek Gratis di Sepanjang Jalintim(Polres Muba dan Dishub Muba saat mengatur lalulintas di Jalintim) IDN Times/Istimewa

Ia menambahkan, mobil derek disiagakan selama 24 jam. Hal ini dilakukan untuk keamanan dan kenyamanan selama arus mudik dan balik yang berlangsung tahun ini.

"Kita juga akan melakukan patroli untuk mengecek kondisi jalan jika terjadi kemacetan. Jadi selama arus mudik dan balik petugas selalu standby,” terangnya.

Baca Juga: 5 Tips Mudik Sehat Versi Satgas COVID-19 Palembang

3. Pengendara diminta perhatikan kondisi fisik sebelum bepergian

Dishub Muba Siaga Mobil Derek Gratis di Sepanjang Jalintim(Mobil derek milik Dinas Perhubungan kabupaten Muba yang standby di Jalintim selama arus mudik) IDN Times/Istimewa

Pihaknya juga mengimbau pengendara agar berhati-hati dan lebih memperhatikan kondisi fisik, terutama setelah berkendara dengan jarak tempuh yang jauh. Muba yang terbagi dalam dua jalan yakni Jalintim dan Jalinteng, mewajibkan pengendara juga mewaspadai longsor.

"Kita telah menyiapkan beberapa posko bersama tim dari kepolisian, Dinkes, dan lainnya. Jika dalam perjalanan mengantuk, beristirahatlah sebentar di kios bensin, atau posko-posko di sepanjang jalan yang telah disediakan. Sebab sepatutnya 4 jam sekali kita harus beristirahat, atau siapkan sopir cadangan,” imbaunya.

Baca Juga: Berpacu Waktu Jelang Lebaran, 7,9 Persen Jalan Nasional Masih Rusak

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya