Puncak Arus Balik Bandara Palembang Hari Ini Diprediksi 10.000 Orang

Jam operasional bandara pun menjadi 05.00-24.00 WIB

Palembang, IDN Times - Puncak arus balik sudah mulai terasa dengan meningkatnya aktivitas di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang. Setidaknya ada 10.000 penumpang diprediksi datang dan meninggalkan Sumsel menggunakan pesawat.

"Per Sabtu atau H+4 lebaran, jumlah penumpang sudah mencapai 8.000 orang. Diperkirakan hari ini tambah lagi karena masyarakat akan kembali beraktivitas lantaran puncak arus balik mudik pada Sabtu dan Minggu," ungkap Eksekutif GM Bandara SMB II Palembang, Tommy Ariesdianto, Minggu (8/5/2022).

1. Jam penerbangan saat hari raya ditambah

Puncak Arus Balik Bandara Palembang Hari Ini Diprediksi 10.000 OrangSituasi di Bandara SMB II Palembang (IDN Times/Istimewa)

Tommy menjelaskan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan maskapai penerbangan. Lion Air bahkan menambah jumlah penerbangannya, sehingga jadwal penerbangan bertambah sejak pukul 05.00-24.00 WIB.

"Bersama pihak maskapai tentu akan kami informasikan bila ada perubahan atau penambahan penerbangan secara faktual kepada penumpang," jelas dia.

Baca Juga: 17 Ribu Kendaraan Bakal Melintas di Tol Kapalbetung Saat Arus Balik

2. Banyak penumpang berangkat tujuan Pulau Jawa

Puncak Arus Balik Bandara Palembang Hari Ini Diprediksi 10.000 OrangSituasi di Bandara SMB II Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Tommy menjelaskan jika jumlah kedatangan dan keberangkatan saat ini mencapai 43 kali penerbangan dalam sehari, atau meningkat jika dibandingkan dengan penerbangan saat hari raya pada dua tahun di awal pandemik COVID-19.

Penerbangan baik kedatangan dan keberangkatan didominasi rute Pulau Jawa, terkhusus Jakarta, Bandung, dan Yogyakarta.

"Kami masih standby di posko pengendalian bersama seluruh stekaholder, apalagi cuaca saat ini tidak menentu, jadi kami harapkan tidak ada hal-hal yang tidak diinginkan dan tidak terjadi holding," jelas dia.

Baca Juga: Wisatawan di Palembang Naik 80 Persen, Banyak Kunjungi Wahana Bermain

3. Gubernur Sumsel apresiasi rencana penerbangan internasional yang kembali dibuka

Puncak Arus Balik Bandara Palembang Hari Ini Diprediksi 10.000 OrangSituasi di Bandara SMB II Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Gubernur Sumatra Selatan (Sumsel), Herman Deru, mengungkapkan apresiasinya dengan kerja sama seluruh stakeholder di Bandara SMB II Palembang. Ia meyakini jika kondisi pandemik semakin terkendali, maka penerbangan internasional akan kembali dibuka.

"Potensi penerbangan internasional akan kembali dibuka pada September, laporannya yang membuka penerbangan dari Lion Air tujuan Palembang-Madinah langsung," tutup dia.

Baca Juga: Viral! Gadis Desa asal Sungai Lilin Muba Dipersunting Bule Australia

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya