Penumpang LRT Turun dan Susuri Tepian Rel Saat Palembang Blackout 

Semua operasional LRT Palembang dihentikan sementara

Palembang, IDN Times - Padamnya listrik di sebagian besar wilayah Palembang membuat moda transportasi massal Light Rail Transit (LRT) ikut terkendala. Sejumlah penumpang harus turun di tengah jalan, dan berjalan menyusuri rel kereta menuju stasiun terdekat.

Kondisi ini tak bisa dihindari karena LRT mengandalkan listrik untuk beroperasi. Terkendala LRT pun sudah dikonfirmasi karena padamnya Saluran Udara Tegangan Menegah (SUTM) Provinsi Sumatra Selatan dan Jambi, yang disebabkan gangguan penghantar 150 KV Lahat-Bukit Asam.

"Penumpang yang masih dalam LRT tidak dapat melanjutkan perjalanannya dan dievakuasi melaluinya walkway," ungkap Kabag Humas PT KAI Divre III Palembang, Aida Suryanti, Senin (4/7/2022).

Baca Juga: 2,5 Juta Pelanggan di Sumbagsel Terdampak Palembang Blackout

1. Semua penumpang dievakuasi ke stasiun terdekat

Penumpang LRT Turun dan Susuri Tepian Rel Saat Palembang Blackout Stasiun LRT Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Aida menjelaskan, proses evakuasi yang dilakukan oleh pihak LRT berjalan aman. Pihaknya memastikan semua penumpang sudah dibawa menuju stasiun dan tak ada kendala saat evakuasi.

"Namun sebelum dilakukan evakuasi, petugas kami telah memastikan kondisi power system di jalur sudah aman dan ada petugas kami yang memandu proses tersebut," jelas dia.

Baca Juga: Palembang Blackout, Ini Sebab Listrik di Sumsel Padam

2. Operator LRT Palembang meminta maaf

Penumpang LRT Turun dan Susuri Tepian Rel Saat Palembang Blackout Stasiun LRT Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Pihak LRT meminta maaf kepada masyarakat karena kondisi kelistrikan masih dalam penanganan. Pihaknya berharap, perbaikan gardu induk PLN segera diselesaikan sehingga perjalanan penumpang LRT Sumsel dapat kembali normal.

"Karena dampak dari pemadaman listrik yang terjadi dari sore tadi membuat beberapa perjalanan LRT Sumsel tidak dapat dilanjutkan," jelas dia.

Baca Juga: Pemkot Palembang Janji Gaji 13 Seluruh ASN Dibayar Akhir Juli

3. Penumpang berjalan terekam video

Penumpang LRT Turun dan Susuri Tepian Rel Saat Palembang Blackout Situasi di Stasiun LRT Bandara SMB II Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Sebelumnya, penumpang LRT yang berjalan di jalur evakuasi menuju stasiun terdekat terekam kamera warga. Rekaman video berdurasi 22 detik tersebut menunjukan detik-detik penumpang keluar dari kereta.

"Guys penumpang LRT nah, keretanyo mogok abis minyak," ungkap warga.

Baca Juga: Pelajar SMA Palembang Setubuhi Kakak Kelas, Modus Jajan tapi ke Hotel 

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya