Comscore Tracker

LRT Palembang Buka Ruang untuk Pasang Iklan, Tertarik?

Stasiun LRT bakal disiapkan untuk seminar atau pertemuan

Palembang, IDN Times - Pemerintah pusat mengucurkan dana subsidi hingga Rp119 miliar untuk mendukung upaya memaksimalkan LRT Sumsel pada 2022 mendatang. Untuk memperkuat dan menambah pemasukan, Balai Pengelolaan Kereta Api Ringan Sumatra Selatan (BPKARSS) akan memperkuat core business dan non core business LRT Sumsel.

Dua langkah ini diharapkan bisa mengurangi ketergantungan operasional LRT dari subsidi APBN. Menurut Kepala BPKARSS, Pri Galih, LRT Sumsel ke depan akan membuka layanan iklan untuk aset-asetnya.

“Jadi kami membuka ruang bagi pelaku bisnis maupun masyarakat yang ingin beriklan di aset LRT Sumsel. Saat ini sudah bisa dimanfaatkan,” ungkap Prih Galih saat dibincangi IDN Times, Selasa (7/12).

1. Branding dimaksimalkan di aset LRT

LRT Palembang Buka Ruang untuk Pasang Iklan, Tertarik?Kepala BPKARSS Pri Galih (IDN Times/istimewa)

Ada 13 unit stasiun LRT, 860 unit pilar, dan 8 train set yang bisa dihias menjadi branding iklan. Pihaknya tak menutup kemungkinan penamaan stasiun juga bisa dipakai untuk periklanan.

“Nama stasiun ini bisa menggunakan nama perusahaan. Misalnya Stasiun Ampera itu di bawahnya bisa menggunakan nama penyewa. Ini sudah diterapkan di Stasiun MRT Jakarta. Kita coba aplikasikan di Palembang,” ujar dia.

Banyaknya ruang di tiap stasiun LRT juga akan dimanfaatkan untuk pertemuan dan seminar. Menurutnya, beberapa kali sudah ada instansi yang menggelar acara di stasiun LRT Sumsel.

“Kami juga akan menyewakan tenant yang ada di stasiun untuk pelaku UMKM,” beber dia.

Baca Juga: Stasiun LRT Ampera Palembang Terapkan Pembelian Tiket Non Tunai

2. Sosialisasi LRT akan terus dilakukan

LRT Palembang Buka Ruang untuk Pasang Iklan, Tertarik?LRT Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Sedangkan untuk core business LRT Sumsel, pihaknya akan memaksimalkan penjualan tiket, sosialisasi, dan edukasi. Pengelola akan menggalakkan agar masyarakat mau menggunakan jasa LRT Sumsel.

“Kami juga ada edutrip, kami bekerjasama dengan komunitas seni dan dinas pariwisata agar lebih banyak lagi masyarakat yang menggunakan jasa LRT Sumsel,” jelas dia.

3. Tiga tahun LRT Sumsel sudah angkut 6 juta orang

LRT Palembang Buka Ruang untuk Pasang Iklan, Tertarik?Stasiun LRT Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Selama tiga tahun beroperasi, LRT Sumsel telah mengangkut sekitar 6 juta penumpang. Rata-rata harian penumpang sampai November 2021 mencapai 5.041 orang, dengan rata-rata hari kerja sebesar 4.222 orang penumpang dan weekend mencapai 6.499 penumpang.

Untuk November 2021 saja, jumlah penumpang yang diangkut LRT Palembang mencapai 173.509 orang penumpang.

Baca Juga: 3 Tahun LRT Sumsel, Pandemik 2020 Paling Terasa Pengaruhi Okupansi

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya