Lahan Gambut yang Terbakar di Muba Padam Setelah 2 Hari

Penyelidikan penyebab kebakaran diserahkan ke Polisi

Palembang, IDN Times - Setelah berjibaku memadamkan api selama dua hari, Tim Manggala Agni dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) akhirnya berhasil memadamkan api di lahan gambut Desa Mekar Jaya, Kecamatan Bayung Lencir, Kabupaten Musi Banyuasin (Muba).

Kondisi vegetasi yang dipenuhi semak belukar dan bekas dedaunan, membuat api mudah menjalar meski gambut dipenuhi air di musim hujan.

"Api baru saja padam sekitar pukul 16.30 WIB, setelah tim Manggala Agni melakukan proses pemadaman di lapangan," ungkap Kepala Balai Pengendalian Perubahan Iklim, Kebakaran Hutan dan Lahan (PPIKHL) Wilayah Sumatea, Ferdian Krisnanto kepada IDN Times, Kamis (11/2/2021) kemarin.

1. Tidak ada hujan hingga malam ini

Lahan Gambut yang Terbakar di Muba Padam Setelah 2 HariKepala Balai Pengendalian Perubahan Iklim dan Kebakaran Hutan dan Lahan (PPIKHL) Wilayah Sumatera Ferdian Krisnanto (IDN Times/Rangga Erfizal)

Api yang menjalar sejak Selasa (9/2/2021) lalu menghanguskan kurang lebih sembilan hektare (ha) lahan gambut. Api benar-benar dapat dipadamkan setelah dibantu air yang dipompa dari sekat kanal tak jauh dari lokasi kebakaran.

"Tidak ada hujan di TKP lahan kebakaran, sehingga tim berjibaku dengan alat pemadaman guna memastikan api dapat dipadamkan," jelas dia.

Baca Juga: [BREAKING] Karhutla Perdana Sumsel 2021, Lahan Gambut Muara Medak Terbakar

2. Penyelidikan kebakaran diserahkan ke Polisi

Lahan Gambut yang Terbakar di Muba Padam Setelah 2 HariLokasi kebakaran hutan dan lahan di Musi Banyuasin (IDN Times/Daops Manggala Agni Wilayah Sumatra XV-04 Muba)

Menurut Ferdian, diperlukan waktu untuk memadamkan titik-titik api dan asap yang sebelumnya masih terlihat di lahan gambut. Bara sudah yang masih terlihat harus dipastikan tidak ada lagi.

"Kawan-kawan di lapangan bersama para pihak terkait masih menghitung luasan lahan terbakar. Untuk penyebab kebakaran, proses penyelidikan diserahkan ke Polsek setempat," jelas dia.

3. Kasus kebakaran di Muba jadi yang pertama di tahun 2021

Lahan Gambut yang Terbakar di Muba Padam Setelah 2 HariLokasi kebakaran hutan dan lahan di Musi Banyuasin (IDN Times/Daops Manggala Agni Wilayah Sumatra XV-04 Muba)

Ferdian menjelaskan, kejadian kebakaran lahan gambut kali ini adalah yang pertama di awal tahun 2021. Menurutnya saat rapat bersama Menko Polhukam beberapa waktu lalu, BMKG telah mengeluarkan rekomendasi kewaspadaan di awal bagi Sumsel.

"Untuk itu Pak Gubernur meminta dilakukan penerapan status Siaga Darurat lebih dini," tutup dia. 

Baca Juga: Sumsel Kaji Status Siaga Darurat Cegah Karhutla Tahun 2021

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya