Comscore Tracker

Jokowi Keluarkan Kepres, Herman Deru Yakin Tuan Rumah Piala Dunia U20

Rumput stadion hampir sempurna, fisik stadion baru dimulai

Palembang, IDN Times - Gubernur Sumatra Selatan (Sumsel) Herman Deru, menjamin Gelora Sriwijaya Jakabaring (GSJ) menjadi tuan Rumah Piala Dunia U20 pada Mei 2021 mendatang. Menurut Deru, keputusan itu sudah dinyatakan Presiden Joko "Jokowi" Widodo melalui Keputusan Presiden (Kepres).

"Sesuai Keputusan negara yang ada, Sumsel pasti menjadi tuan rumah," ujar Herman Deru optimis, Senin (28/9/2020).

1. Pemprov Sumsel kucurkan Rp30 miliar bantu renovasi stadion

Jokowi Keluarkan Kepres, Herman Deru Yakin Tuan Rumah Piala Dunia U20Proses renovasi kursi stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring (IDN Times/Rangga Erfizal)

Sumsel tinggal menyesuaikan instruksi FIFA dalam hal teknis untuk renovasi dan kebutuhan pertandingan. Pihaknya menunggu putusan Keppres yang nantinya diubah menjadi Perpres dan Inpres, untuk mengatur setiap tugas antara Kementerian dan Pemerintah daerah.

"Sejauh ini dana yang dikucurkan sudah sekitar Rp30 miliar," beber dia.

Baca Juga: Herman Deru Pengin Jakabaring Tempat Opening-Closing Piala Dunia U20 

2. Pemprov Sumsel rapat koordinasi dengan Kemenpora

Jokowi Keluarkan Kepres, Herman Deru Yakin Tuan Rumah Piala Dunia U20Gubernur Sumsel, Herman Deru (IDN Times/Rangga Erfizal)

Dirinya menilai kenaikan dana dari yang sebelumnya Rp20 miliar, merupakan bukti persiapan yang dilakukan oleh pemerintah Sumsel. Dirinya bahkan telah melakukan rapat dengan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), memastikan kejelasan Sumsel menjadi salah satu tuan rumah Piala Dunia U20 mendatang.

"Pemerintah tidak akan mampu melakukannya jika tanpa dukungan faktor eksternal yakni masyarakat Sumsel," beber dia.

Rencananya menurut Deru, FIFA akan mengecek langsung persiapan stadion yang didaftarkan sebagai tuan rumah, bersama enam stadion lainnya.

3. Pekerjaan fisik baru dimulai, rumput hampir sempurna

Jokowi Keluarkan Kepres, Herman Deru Yakin Tuan Rumah Piala Dunia U20Proses renovasi kursi stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring (IDN Times/Rangga Erfizal)

Kepala Dinas PUCK Sumsel, Basyaruddin Ahmad menjelaskan, proses renovasi stadion ditarget selesai pada Desember 2020 mendatang. Menurutnya, ada 16 poin dari PSSI dan FIFA yang harus diperbaiki sebagai syarat mutlak menjadi tuan rumah.

Salah satu pengerjaan renovasi yang tengah dilakukan adalah rumput stadion. PUCK Sumsel sudah melakukan pemupukan, penyiraman, dan memotong rumput dengan rutin agar kualitasnya membaik.

"Pekerjaan fisik baru mulai bekerja di minggu pertama, namun kita akan lakukan percepatan sehingga bulan Desember sudah selesai semua. Sedangkan progres rumput sudah mulai sempurna, diharapkan awal November sudah sesuai standar yang disyaratkan," tutup dia.

Baca Juga: Piala Dunia U20, Bangku Stadion Gelora Sriwijaya Dikurangi 40 Persen  

Topic:

  • Rangga Erfizal
  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya