Cek Kesiapan Piala Dunia U-20, Herman Deru Optimis GSJ Masuk Keppres

Kesiapan stadion terus disesuaikan standar Fifa

Palembang,IDN Times - Pemerintah Provinsi Sumatra Selatan (Pemprov Sumsel) terus mematangkan persiapan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20. Palembang menjadi satu di antara enam daerah yang dipilih pemerintah pusat menjadi tuan rumah pada Mei 2021 mendatang.

"Kita sudah siap hampir semua hal teknisnya. Mulai dari anggaran, hospitality, stadion dan lainnya," ungkap Gubernur Sumsel, Herman Deru, usai meninjau stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring (GSJ), Kamis (10/9/2020).

1. Jakabaring tunggu Keppres penunjukkan tuan rumah

Cek Kesiapan Piala Dunia U-20, Herman Deru Optimis GSJ Masuk KeppresPemotongan rumput stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring (IDN Times/Rangga Erfizal)

Menurut Deru, berbagai masukan sudah diterima pihaknya untuk melakukan perbaikan. Mulai dari rumput stadion, kursi penonton bench pemain, warna stadion, hingga rencana renovasi empat lapangan tambahan untuk latihan.

"Kita baru berani mengatakan kesiapan ini 90 persen. Jika Keppres sudah turun, kita akan menggenjot rekomendasi yang telah diberikan sebelumnya. Kita juga optimis akan masuk dalam Keppres tersebut. Sembari menunggu, tentu kita harus terus mematangkan persiapannya," jelas dia.

Baca Juga: Prioritas Piala Dunia, Pemprov Sumsel Jamin Akomodasi Siap Jauh Hari

2. Keunggulan stadion GSJ terintegrasi dengan komplek olahraga

Cek Kesiapan Piala Dunia U-20, Herman Deru Optimis GSJ Masuk KeppresGubernur Sumsel, Herman Deru meninjau lapangan bola (IDN Times/istimewa)

Menurutnya, GSJ memiliki kelebihan di antara stadion lain di Indonesia. Salah satunya, lokasi terintegrasi dengan Jakabaring Sport City (JSC) yang diapit komponen pendukung.

"Kita ini dalam satu kawasan. Semua lapangan pendukung maupun opsional tersedia dalam satu kawasan ini. Itu yang membedakan kita dengan stadion lainnya. Tentu kita optimis, apalagi didukung oleh semua pihak," jelas dia.

Baca Juga: Sumsel Siapkan Anggaran Rp20 Miliar untuk Piala Dunia U20 di Palembang

3. Pemprov mengupayakan renovasi 10 stadion

Cek Kesiapan Piala Dunia U-20, Herman Deru Optimis GSJ Masuk KeppresHerman Deru meninjau stadion GSJ (IDN Times/istimewa)

Untuk menambah semarak perhelatan Piala Dunia U-20 di Bumi Sriwijaya, Pemprov Sumsel melalui berbagai pihak ikut merenovasi 10 stadion di kabupaten dan kota. Kesepuluh stadion itu akan direnovasi menggunakan dana CSR.

"Agar ini juga semarak, 10 stadion di daerah juga dibangun. Ini bentuk keseriusan dan kesiapan kita," tutup dia.

Baca Juga: Gubernur Sumsel Ingin Opening-Closing Piala Dunia U-20 di Palembang

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya