Bupati Muba Dodi Reza Ajak Galang Dana untuk Palestina 

Dodi Reza mendesak Palestina dan Israel segera berdamai

Musi Banyuasin, IDN Times - Bupati Musi Banyuasin (Muba), Dodi Reza Alex, mengungkapkan rasa prihatin terhadap penyerangan oleh Israel ke Palestina. Sebagai bentuk solidaritas Indonesia kepada Palestina, Dodi akan mengadakan penggalangan dana bagi rakyat Palestina.

"Kondisi di Palestina sejauh ini sangat memprihatinkan. Saya akan kembali menggerakkan kegiatan donasi Muba jilid II untuk Palestina," ungkapnya, Selasa (18/5/2021).

1. Gandeng PWNU Sumsel untuk galang donasi

Bupati Muba Dodi Reza Ajak Galang Dana untuk Palestina Twitter/@nahdlatululama

Penggalangan dana untuk Palestina juga pernah dilakukan Dodi pada tahun 2019 lalu. Saat itu, Wali Kota (Wako) Al-Zawaida, Gaza, Palestina, Ayman Sulaiman Salam Abu Sweireh dan ulama besar Palestina, Syeikh Nashef Nashir Abdullah, bertandang ke Bumi Serasan Sekate untuk menerima donasi.

Pada donasi jilid II kali ini, pihak Pemkab Muba akan menggandeng Mustasyar PWNU Sumatra Selatan (Sumsel) untuk mengumpulkan donasi.

"Israel terus melakukan penyerangan terhadap Palestina. Saya mengutuk perbuatan tersebut. Mari Kita doakan agar Palestina dan Israel segera berdamai, karena ini tidak sepantasnya terus terjadi," beber dia.

Baca Juga: Profil Hamas, Militan Palestina Pemimpin Gaza yang Perangi Israel

2. Donasi pertama dikhususkan untuk pembangunan jalan di Gaza

Bupati Muba Dodi Reza Ajak Galang Dana untuk Palestina (Ilustrasi di jalur Gaza) ANTARA FOTO/ REUTERS / Mohammed Salem

Dodi mengaku, pada 2019 lalu dirinya berkeinginan mengantar langsung hasil donasi sebesar Rp1 miliar. Namun karena kondisi yang tidak memungkinkan, penyerahan terpaksa harus diwakilkan.

"Alhamdulillah, hasil donasi Muba pada 2019 lalu disalurkan untuk pembuatan jalan di jalur Gaza. Jalan tersebut diberi nama Musi Banyuasin, serta ada ribuan pakaian layak dan kebutuhan konsumsi juga disalurkan ke Gaza," beber dia.

3. KNRP apresiasi langkah Muba beri bantuan Palestina

Bupati Muba Dodi Reza Ajak Galang Dana untuk Palestina Anak Palestina menarik gerobak yang ditumpangi saudaranya saat mengungsi dari konflik bersenjata Israel dan milisi Palestina di Jalur Gaza, Palestina, Jumat (14/5/2021). (ANTARA FOTO/REUTERS/Mohammed Salem/foc.)

Bendahara Komite Nasional Rakyat Palestina (KNRP), Caca Cahayaningrat mengatakan, kepedulian Muba terhadap Palestina bukan basa-basi, terlebih dukungan dan support Dodi Reza yang dianggap all out untuk meringankan dan membebaskan derita sesama umat muslim di Palestina.

"Saya kagum dan takjub. Donasi dan konser amal di Muba ini berjalan sangat antusias, semoga apa yang sudah dilakukan Pak Bupati Muba Dodi Reza ini dapat menginspirasi pemimpin daerah lainnya di Indonesia, khususnya di Sumsel," tutup dia.

Baca Juga: PKS Serahkan Surat Terbuka ke Biden, Minta AS Hentikan Agresi Israel

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya