Bandara SMB II Bersiap Buka Kembali Rute Penerbangan Internasional

Sejauh ini baru Lion Air bersiap membuka rute ke Madinah

Palembang, IDN Times - Selama dua tahun terakhir, penerbangan internasional dari Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB II) telah ditutup. Keputusan tersebut diambil oleh otoritas penerbangan dan maskapai sejak 21 Maret 2021 lalu, mengingat kasus pandemik COVID-19 merebak di Indonesia.

Namun sejak kasus COVID-19 mulai mereda, bandara SMB II Palembang bersiap membuka lagi rute penerbangan jarak jauh atau internasional.

"Sejauh ini Lion Grup telah menyatakan akan membawa penumpang. Rencananya penerbangan langsung dari Palembang ke Madinah," ungkap Eksekutif GM Bandara SMB II Palembang, Tommy Ariesdianto, Rabu (11/5/2022).

1. Umrah jadi penerbangan internasional pertama yang dibuka

Bandara SMB II Bersiap Buka Kembali Rute Penerbangan InternasionalJemaah umrah yang kembali melaksanakan Umrah Perdana di Makkah dalam Pandemik COVID-19 (Dok. KJRI Jeddah/Fauzy Chusny)

Tommy menilai, penerbangan internasional menjadi kabar baik bagi dunia penerbangan setelah dua tahun pandemik. Beberapa maskapai telah menyalakan lampu hijau untuk mengambil rute penerbangan Internasional. Terbaru, penerbangan internasional pertama dari Palembang akan dimulai September 2022 mendatang.

"Penerbangan internasional yang dibuka baru untuk umrah. Sekitar satu kali dalam sepekan," ungkap dia.

Baca Juga: Sumbar Bakal Buka Lagi Rute Penerbangan Padang-Kuala Lumpur 

2. Belum ada pengajuan rute ke Malaysia dan Singapura

Bandara SMB II Bersiap Buka Kembali Rute Penerbangan InternasionalBandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) 2 Palembang. (IDN Times/ Deryardli Tiarhendi)

Menurutnya, rute internasional dari dan ke Bandara SMB II Palembang sebelumnya melayani Malaysia dan Singapura. Hanya saja, penerbangan langsung menuju kedua negara itu belum dibuka kembali.

"Belum ada pengajuan untuk dua negara tersebut. Tapi slotnya masih ada, mungkin nanti ketika ada kebijakan dari pusat baru dibuka," jelas dia.

3. Gubernur Sumsel apresiasi dibukanya penerbangan Internasional

Bandara SMB II Bersiap Buka Kembali Rute Penerbangan InternasionalThermal Scanner ditempatkan di pintu kedatangan Internasional bandara SMB II (IDN Times/Rangga Erfizal)

Gubernur Sumatra Selatan (Sumsel), Herman Deru, mengungkapkan apresiasinya dengan kerja sama stakeholder di Bandara SMB II Palembang. Ia meyakini jika kondisi pandemik semakin terkendali, maka penerbangan internasional di Palembang bisa kembali dibuka.

"Potensi penerbangan internasional akan kembali dibuka September. Laporannya yang membuka penerbangan dari Lion Air tujuan Palembang-Madinah langsung," tutup dia.

Baca Juga: Mulai Agustus, Garuda Indonesia Buka Lagi Rute Palembang-Jeddah

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya