Wisatawan di Palembang Naik 80 Persen, Banyak Kunjungi Wahana Bermain

Didominasi pengunjung dari luar Palembang

Palembang, IDN Times - Libur lebaran membuat sejumlah tempat wisata di Palembang ramai dikunjungi tamu lokal maupun luar daerah. Selain memanfaatkan momen bersama keluarga, faktor peningkatan kunjungan karena masyarakat sudah lama tidak rekreasi.

Beberapa lokasi bermain di Bumi Sriwijaya pun mengalami kenaikan kunjungan wisatawan hingga 80 persen dengan dominan tamu datang berasal dari daerah di Sumatra Selatan (Sumsel) maupun dari luar Palembang.

"Hari ini pengunjung kita di atas 500 orang yang biasanya kalau weekday hanya 120an pengunjung. Rata-rata sepanjang cuti bersama lebaran, ada naik sampai 80 persen," ujar Kepala Humas OPI Water Fun, Lena Adi Pratiwi, Kamis (5/5/2022).

1. Pengunjung dominan dari daerah Banyuasin

Wisatawan di Palembang Naik 80 Persen, Banyak Kunjungi Wahana BermainSituasi aktivitas warga Palembang di pinggiran Sungai Musi bawah Jembatan Ampera (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Lena mengatakan, peningkatan kunjungan wisatawan di OPI Water Fun Palembang akan terus mengalami kenaikan hingga akhir libur lebaran pada Minggu (8/5/2022) . Diprediksi pengunjung diangka lebih dari 1.000 orang.

"Wisatawan didominasi oleh para pemudik yang berasal dari berbagai daerah. Banyak yang dari dusun Banyuasin," kata dia.

Baca Juga: 4 Minuman Sehat Bantu Netralisir Makanan Santan Usai Lebaran

2. Kunjungan wisatawan mulai ramai sejak H+1 lebaran

Wisatawan di Palembang Naik 80 Persen, Banyak Kunjungi Wahana BermainSituasi destinasi wisata di TWA Punti Kayu Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Menurut Manager Taman Wisata Alam Punti Kayu Palembang, Raden Azka, libur lebaran tahun ini menjadi operasional perdana selama pandemik COVID-19. Sebab Pemkot dua tahun terakhir melarang tempat wisata dibuka.

"Total jumlah pengunjung sudah mencapai lebih dari 650 orang sejak H+1 lebaran. Sedangkan hitungan tiket hari ini saja lewat dari 300 orang dan kebanyakan wisatawannya kalangan pemudik luar daerah,” timpalnya.

3. Harga tiket masuk di Punti Kayu Palembang mulai Rp25 ribu

Wisatawan di Palembang Naik 80 Persen, Banyak Kunjungi Wahana BermainTaman Wisata Alam Punti Kayu Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Azka menambahkan, dari lima wahana wisata yang ada, Kampung Indian, Replika Landmark, dan Danau Rekreasi adalah yang paling ramai dikunjungi wisatawan karena ada sarana berswafoto dan bermain anak-anak.

"Akhir pekan tiketnya 30 ribu, kalau hari biasa 25 ribu, sudah termasuk untuk semua wahana. Ya karena libur Lebaran masih sekitar sepekan lagi mudah-mudahan pengunjung bisa lebih ramai,” tambah dia.

4. Wisatawan berlibur bersama keluarga untuk rekreasi menghilangkan penat

Wisatawan di Palembang Naik 80 Persen, Banyak Kunjungi Wahana BermainTaman Wisata Alam Punti Kayu Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Salendra pengunjung di Punti Kayu Palembang, mengatakan, bersama keluarga mengunjungi objek wisata alam untuk berekreasi melepaskan penat. Terlebih dirinya dan keluarga akan segera pulang ke kampung halaman.

“Kemarin-kemarin silaturahim sudah, sekarang saya sengaja ke sini mengajak ibu dan adik-adik untuk liburan, karena besok kami sudah pulang lagi ke Surabaya," tandasnya.

Baca Juga: 10 Ribu Orang Bakal Padati Bandara SMB II Saat Puncak Arus Mudik

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya