Comscore Tracker

Wawako Palembang Berencana Mulai Sekolah Tatap Muka Juli 2021  

Asalkan semua guru sudah lakukan vaksinasi COVID-19

Palembang, IDN Times - Wakil Wali Kota (Wawako) Palembang, Fitrianti Agustinda atau Finda menyampaikan, dalam waktu dekat sekolah tatap muka bisa terlaksana jika semua guru telah melakukan vaksinasi COVID-19.

"Insya Allah pada Juli bisa tatap muka di sekolah, jika 17 ribu guru di Palembang selesai vaksinasi. Kami lagi mendorong Dinkes memprioritas tenaga pendidik," ujarnya usai memantau vaksinasi COVID-19 tenaga pendidik di Dinas Pendidikan (Disdik) Palembang, Senin (8/3/2021).

1. Guru sudah vaksinasi COVID-19 jadi syarat tatap muka

Wawako Palembang Berencana Mulai Sekolah Tatap Muka Juli 2021  Vaksinasi COVID-19 bagi guru di Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Ia mengatakan, vaksinasi COVID-19 tidak saja diperuntukkan untuk tenaga pengajar Aparatur Sipil Negara (ASN), namun termasuk tenaga honorer yang turut berhak mendapat vaksin.

"Kita dorong betul-betul diberikan kepada seluruh guru, mulai dari PAUD-SMP baik dari negeri dan swasta. Karena guru yang sudah vaksinasi jadi syarat tatap muka," kata dia.

Baca Juga: Baru 5 Persen Guru Palembang Lakukan Vaksinasi COVID-19

2. Rekomendasi IDAI tetap jadi rujukan tatap muka

Wawako Palembang Berencana Mulai Sekolah Tatap Muka Juli 2021  Vaksinasi COVID-19 bagi guru di Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Fitri mengaku belum bisa memutuskan teknis sekolah tatap. Sebab kata dia, rekomendasi dari Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) tetap menjadi rujukan Pemerintah Kota (Pemkot).

"Kalau dari rekomendasi IDAI baru bisa dilaksanakan waktu zona hijau dan vaksinasi seluruh guru. Kita menunggu kabar selanjutnya, yang penting target (vaksinasi) selesai dulu," timpalnya.

3. Pemkot ajukan subsidi vaksin untuk guru swasta

Wawako Palembang Berencana Mulai Sekolah Tatap Muka Juli 2021  Kepala Dinas Pendidikan Palembang Ahmad Zulinto (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Kepala Dinas Pendidkan (Disdik) Palembang, Ahmad Zulinto menambahkan, pihaknya tetap berkomunikasi dengan pihak terkait sembari menjalankan vaksinasi guru mulai dari negeri, swasta, dan sekolah di bawah Kementerian Agama (Kemenag).

"Kemenkes memberikan jatah vaksin semua sama, tapi bertahap. Kalau memang swasta belum dapat informasi, kita akan ajukan ke Kemenkes untuk memfasilitasi. Kita minta semua disubsidi oleh pemerintah, jangan diserahkan ke yayasan," tambah dia.

4. Disdik Palembang bakal pantau sekolah yang siap tatap muka

Wawako Palembang Berencana Mulai Sekolah Tatap Muka Juli 2021  Vaksinasi COVID-19 bagi guru di Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Ia menerangkan, belajar tatap muka bisa segera terealisasi jika penyelenggara pendidikan sudah menyiapkan protokol kesehatan, atau menjamin kenyamanan maupun keamanan para siswa.

"Jadi kita lihat bertahap sekolah mana yang siap prokes, kemudian cek juga semua gurunya untuk divaksin. Yang belum segera vaksinasi. Seyognya, lebih aman kalau divaksin semua, kita sama-sama membantu para guru untuk aman," tandas dia.

Baca Juga: Sekolah Tatap Muka di Sumsel Dimulai Jika Vaksinasi Tuntas

Topic:

  • Feny Maulia Agustin
  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya