Tarif PDAM Tirta Musi Palembang Naik 15 Persen Mulai Agustus 2022

Kenaikan ini disebut yang pertama sejak 11 tahun terakhir

Palembang, IDN Times - Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Musi Palembang menaikkan tarif pelanggan air bersih mulai bulan depan. Kenaikan tarif dasar air bersih itu mencapai 15 persen.

"Mulai Agustus kenaikan tarif diberlakukan dan berjenjang hingga September 2022," ujar Direktur Teknik PDAM Tirta Musi Palembang, Azharuddin, Selasa (26/7/2022).

Baca Juga: Ratusan Warga di Lebak Murni Palembang Mengeluh Tak Nikmati Air Bersih

1. Kenaikan tarif PDAM Tirta Musi Palembang sudah disetujui Pemkot

Tarif PDAM Tirta Musi Palembang Naik 15 Persen Mulai Agustus 2022Ilustrasi argo meter air bersih (IDN Times/Ervan)

Kenaikan tarif sebesar 15 persen disebutnya sebagai pertimbangan bijak. Sebab tarif PDAM Tirta Musi Palembang belum pernah naik sejak 11 tahun belakangan.

"Kenaikan ini sudah berdasarkan pertimbangan pimpinan PDAM Tirta Musi dan Pemkot Palembang untuk pengembangan perusahaan dan investasi," kata dia.

Baca Juga: PDAM Tirta Musi Palembang Prioritaskan Pelanggan Baru Premium

2. PDAM Tirta Musi Palembang pastikan tetap menjaga kualitas pelayanan

Tarif PDAM Tirta Musi Palembang Naik 15 Persen Mulai Agustus 2022PDAM Tirta Musi Palembang (IDN/istimewa)

Azharuddin memastikan, PDAM Tirta Musi akan selalu menjaga kualitas pelayanan kepada masyarakat dan meningkatkan distribusi setelah tarif baru direalisasikan.

"Tarif kita paling murah dibandingkan PDAM lain. Contohnya Jambi yang tarifnya sudah Rp7.230 per m3, sementara di Palembang masih Rp3.977 per m3," timpalnya.

3. PDAM Tirta Musi Palembang targetkan 20 ribu sambungan terpasang hingga akhir 2022

Tarif PDAM Tirta Musi Palembang Naik 15 Persen Mulai Agustus 2022Iluatrasi air bersih pasokan dari perusahaan daerah air minum (IDN Times/Ervan)

Berdasarkan data terakhir pada Januari 2022, total pelanggan pengguna saluran air bersih PDAM Tirta Musi Palembang tercatat sebanyak 312.000 pelanggan yang tersebar di 18 kecamatan. PDAM Tirita Musi Palembang menarget penambahan hingga 20.000 sambungan baru hingga akhir tahun.

"Pengaliran air bersih sekarang ini rata-rata 13 jam per hari, dan layanan itu akan terus kami tingkatkan seperti membangun intake Kalidoni dengan kapasitas terpasang 250 liter per detik, membangun pipa air baku, IPA Kalidoni, dan IPA Borang," tandas dia.

Baca Juga: PDAM Tirta Musi Palembang Prioritaskan Pelanggan Baru Premium

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya