Comscore Tracker

Stok Daging Beku Murah di Bulog Palembang Kosong Akibat India Lockdown

Nihil impor dari India

Palembang, IDN Times - Kepala Seksi Operasional dan Penyaluran Pangan dari Badan Urusan Logistik Divre Wilayah Sumatra Selatan dan Bangka Belitung (Bulog Sumsel Babel), Reni Astuti menyampaikan, stok daging beku murah di gudang penyimpanan kosong sejak tiga bulan terakhir.

"Gudang penyimpanan tidak tersisa, sudah habis sejak sebelum lebaran Idul Fitri kemarin. Daging yang kita punya kualitas super, semua impor," ujarnya melalui siaran pers yang diterima IDN Times, Kamis (30/7/2020).

1. Sebanyak 32,5 ton daging beku dari India masuk Palembang sejak Januari 2020

Stok Daging Beku Murah di Bulog Palembang Kosong Akibat India LockdownPenjual daging sapi pasar tradisional. Times/Daruwaskita

Reni mengatakan, selama ini penjualan daging beku murah dari gudang Bulog berasal dari India, dan distribusikan ke pasar tradisional serta super market setiap hari, berdasarkan penghitungan rata-rata mencapai 293 kilogram.

"India lockdown jadi tidak ada lagi daging impor masuk. Mulai 1 Januari hingga 19 Juli 2020, sebanyak 32,5 ton daging beku telah terdistribusi," kata dia.

Baca Juga: Palembang Tambah Rp9 Miliar untuk Bansos Tahap Ketiga

2. Pasokan tambahan daging beku masih menunggu izin

Stok Daging Beku Murah di Bulog Palembang Kosong Akibat India LockdownIDN Times/Debbie Sutrisno

Reni menerangkan, terhentinya pasokan daging sapi murah memaksa warga beralih membeli daging beku di pasar retail meski dengan harga yang lebih mahal. Bulog kata Reni belum dapat memastikan kapan stok tambahan daging bakal masuk kembali.

"Kalau masuk lagi pasti, tapi belum tahu kapan. Mungkin nunggu normal dan izin," terangnya.

3. Harga daging segar di Palembang mencapai Rp140 ribu per kilo

Stok Daging Beku Murah di Bulog Palembang Kosong Akibat India LockdownANTARA FOTO/Arnas Padda

Dari pantauan IDN Times di beberapa pasar tradisional di Palembang, harga daging beku mengalami peningkatan menjelang hari raya Idul Adha pada 30 Juli 2020. Seperti di Pasar Pahlawan Palembang, harga daging segar mencapai Rp140 ribu per kilogram.

"Daging segar (tidak beku) bulan Juni mencapai Rp128 ribu, sekarang bisa Rp140 ribu tergantung bagian. Sedangkan daging beku bisa Rp110 ribu, tapi harga memang pelan-pelan naik jelang hari raya," kata Farida penjual daging.

Baca Juga: Kenali 6 Perbedaan Daging Sapi Asli dan Daging Oplosan

Topic:

  • Feny Maulia Agustin
  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya