Sekolah di Sumsel Bisa PTM 100 Persen Meski PPKM Level 3

PTM 100 persen dilakukan bertahap di wilayah PPKM Level 1

Palembang, IDN Times - Beberapa daerah di Sumatra Selatan (Sumsel) masih menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3, satu di antaranya adalah Palembang.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Sumsel, Riza Pahlevi, daerah yang berada di PPKM Level 3 boleh menggelar Pembelajaran Tatap Muka (PTM) 100 persen dengan memenuhi persyaratan.

"Kalau masih ada daerah yang Level 3, PTM tetap berlangsung hybrid. Tapi yang sanggup 100 persen bisa asal ada izin," ujarnya, Selasa (17/5/2022).

1. PTM 100 persen dilakukan bertahap di wilayah PPKM Level 1

Sekolah di Sumsel Bisa PTM 100 Persen Meski PPKM Level 3Kepala Dinas Pendidikan Sumatra Selatan (Disdik Sumsel), Riza Fahlevi (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Namun berdasarkan Surat Edaran dari pemerintah pusat melalui Kementerian Pendidikan, PTM 100 persen di setiap sekolah sudah bisa terlaksana secara bertahap bagi daerah yang berada pada status aman.

"Terkhusus yang PPKM Level 1, PTM 100 persen dilakukan bertahap. Sebab PTM 100 persen pada dasarnya baru dapat dilakukan apabila daerah tersebut telah aman dan hijau, atau PPKM Level 1," jelasnya.

Baca Juga: Ahli Mikrobiologi Sumsel: Penularan di Sekolah Belum Tergolong Klaster

2. Daerah PPKM Level 3 harus tertib prokes

Sekolah di Sumsel Bisa PTM 100 Persen Meski PPKM Level 3Ilustrasi sekolah tatap muka di sekolah (IDN Times/Silviana)

PTM 100 persen boleh diadakan jika siswa sudah mendapatkan izin dari orangtua dan taat menjaga protokol kesehatan.

"Yang jelas kalau sudah prokes, ya sah-sah saja," timpalnya.

3. Disdik Sumsel tegaskan tidak ada penyebaran COVID-19 di sekolah selama PTM

Sekolah di Sumsel Bisa PTM 100 Persen Meski PPKM Level 3Ilustrasi pembelajaran tatap muka (Dok. IDN Times)

Terkait evaluasi PTM selama sepekan belakangan di sekolah, tatap muka mulai berjalan tertib dan tanpa kendala. Disdik Sumsel memastikan sistem belajar cukup disiplin dan lancar tiada hambatan.

"Alhamdulillah pembelajaran berjalan dengan tertib, tidak ada wabah di sekolah karena menjalankan prokes ketat, baik terhadap siswa maupun guru," tandas dia.

Baca Juga: Disdik Minta Sekolah Tetap Fasilitasi Daring Meski Ada PTM

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya