Revitalisasi Danau OPI Palembang Habiskan Dana Rp28 Miliar

Progres pembangunan sudah mencapai 76 persen

Palembang, IDN Times - Pemerintah Provinsi Sumatra Selatan (Pemprov Sumsel) merevitalisasi Danau OPI yang berasa di Komplek OPI, Jakabaring, Palembang. Proyek itu akan menghabiskan dana hingga Rp28 miliar lebih. 

"Kita sudah anggarkan lebih dari Rp28 miliar untuk revitalisasi Danau OPI. Hingga pekan pertama November 2023, pengerjaan sudah mencapai 76 persen," ujar Kepala Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Sumsel, Hermawan, Minggu (26/11/2023).

Baca Juga: 6.009 ODGJ Sumsel Punya Hak Mencoblos di Pemilu 2024, Kok Bisa?

1. Revitalisasi Danau OPI Palembang memasuki tahap kedua

Revitalisasi Danau OPI Palembang Habiskan Dana Rp28 MiliarWisata Danau OPI Jakabaring, Palembang. (IDN Times/ Deryardli Tiarhendi)

Total anggaran revitalisasi Danau OPI sebesar Rp28,04 miliar dengan alokasi dua tahap. Yakni alokasi dana pembangunan pertama senilai Rp18,58 miliar dan tahap kedua Rp9,45 miliar.

“Saat ini sudah di tahap kedua. Tahap pertama sebelumnya kita sudah ada galian dan juga tembok penahan tanah serta jogging track. Selanjutnya tahap kedua kita lanjutkan untuk pembangunan dermaga, menara pantau, dan juga plaza,” kata dia.

Baca Juga: Nasib Punti Kayu dan Danau OPI, Dulu Primadona Sekarang Sepi

2. Danau OPI Palembang memiliki daya tampung 272 ribu kubik

Revitalisasi Danau OPI Palembang Habiskan Dana Rp28 MiliarKawasan Danau OPI Palembang (IDN Times/istimewa)

Hermawan menuturkan, revitalisasi danau memiliki beberapa tujuan. Salah satunya mencegah genangan air dan banjir dengan memanfaatkan lokasi tersebut sebagai kantong air. 

“Danau ini memiliki daya tampung 272 ribu kubik. Cukup besar untuk membantu menampung air yang selama ini mungkin menyebabkan genangan dari hujan ekstrem," jelasnya.

3. Masyarakat sekitar diminta menjaga danau OPI

Revitalisasi Danau OPI Palembang Habiskan Dana Rp28 MiliarKawasan danau OPI akan direvitalisasi Pemprov Sumsel (IDN Times/istimewa)

Pemprov berharap setelah proses revitalisasi Danau OPI Palembang selesai, masyarakat atau warga setempat bisa menjaga kawasan tersebut dan tidak menjadikan lokasi danau sebagai tempat sampah umum. Sebab tujuan revitalisasi adalah untuk menampung air hujan yang tidak mengalir.

"Harapannya agar dijaga dan tidak menjadi tumpukan sampah. Karena kita tahu masalah ini karena banyak sampah dan membuat banjir terjadi," kata Hermawan.

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya