Comscore Tracker

Pemkot Palembang Janji Tambah Saluran Air Bersih PDAM Tirta Musi

PDAM tak bisa pastikan kapan 15 ribu daftar tunggu selesai

Palembang, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang menjanjikan penambahan pembangunan saluran intake untuk meningkatkan produksi air bersih, melalui Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Musi di kawasan perumahan, terutama di lokasi pengembangan perancangan properti baru.

"Kita banyak menerima keluhan masyarakat akibat akses air sulit, terutama distribusi air bersih, karena masih ada belasan ribu daftar tunggu di PDAM yang harus diselesaikan tahun ini. Mudah-mudahan pembangunan intake bisa selesai segera tahun depan," ujar Wali Kota (Wako) Palembang, Kamis (21/1/2021).

1. Utamakan pembangunan intake di kawasan perumahan pinggiran kota

Pemkot Palembang Janji Tambah Saluran Air Bersih PDAM Tirta MusiWali Kota Palembang Harnojoyo (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Ia mengatakan, upaya penuntasan saluran produksi air yang dikerjakan PDAM Tirta Musi telah diawali dengan rapat bersama pihak terkait. Program awal yang dilaksanakan yakni membahas pembangunan intake dalam satu kecamatan untuk satu hektar saluran.

"Program Pemkot mengatasi keluhan distribusi air ke perumahan yang banyak belum dilakukan, terutama perumahan di pinggiran kota,” kata dia.

Baca Juga: Ratusan Warga di Lebak Murni Palembang Mengeluh Tak Nikmati Air Bersih

2. Pendapatan PDAM di tahun 2020 hingga Rp100 miliar diharapkan mampu perbaiki layanan masyarakat

Pemkot Palembang Janji Tambah Saluran Air Bersih PDAM Tirta MusiPDAM Tirta Musi Palembang (IDN/istimewa)

Pemkot Palembang menarget peningkatan produksi air selesai tahun 2022 dengan penambahan kapasitas air. Apalagi pendapatan PDAM Tirta Musi di 2020 lalu mencapai Rp100 miliar, dan diharapkan bisa memperbaiki pelayanan kepada masyarakat.

"Dengan dibangunnya intake dengan ratusan liter per detik, diharapkan dapat memenuhi kebutuhan air saat ini," harapnya.

Baca Juga: PDAM Tirta Musi Palembang Menarget Kenaikan Distribusi Air Tahun 2021

3. Selesaikan pembangunan intake untuk 15 ribu KK daftar tunggu

Pemkot Palembang Janji Tambah Saluran Air Bersih PDAM Tirta MusiDirektur Utama PDAM Tirta Musi Palembang Andi Wijaya (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Direktur Utama PDAM Tirta Musi, Andi Wijaya menyampaikan, sudah ada daftar tunggu pelanggan baru 15 ribu hingga mencapai Kepala Keluarga (KK). Pihaknya belum dapat memastikan berapa lama antrean atau masa tunggu tersebut habis.

"Ditarget 2021 ini bisa mulai menyelesaikan daftar tunggu 15 ribu KK. Mereka ini paling banyak di perumahan kawasan Gandus, Tanjung Barangan, Sako, Sukarami," tutur dia.

4. PDAM Tirta Musi Palembang tingkatkan produksi 500 liter air di Karang Anyar

Pemkot Palembang Janji Tambah Saluran Air Bersih PDAM Tirta MusiIlustrasi aliram air dari saluran PDAM Tirta Musi Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

PDAM Tirta Musi menurut Andi, sudah mampu memproduksi air hingga 4.000 liter per detik untuk 293.874 Sambungan Rumah (SR). Jumlah itu dianggap masih minus 385 liter per detik.

Oleh karena itu, PDAM Tirta Musi Palembang tidak bisa memberi kepastian penyelesaian. Namun pihaknya meyakini akan menyelesaikan pembangunan saluran dengan maksimal.

"Kami sedang melakukan pengembangan untuk produksi air 500 liter per detik di Karang Anyar. Nantinya ini akan menambah kapasitas untuk mencukupi kebutuhan pelanggan," tandas dia.

Baca Juga: Warga Palembang Keluhkan Tagihan Air Membengkak, Ini Penjelasan PDAM

Topic:

  • Feny Maulia Agustin
  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya