Pemkot Daftarkan Pasar 16 Ilir Palembang Sebagai Cagar Budaya

Renovasi Pasar 16 Ilir oleh swasta disebut-sebut lebih ikonik

Palembang, IDN Times - Pasar 16 Ilir Palembang sudah didaftarkan Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang menjadi aset cagar budaya. Bangunan yang sudah ada sejak 1918 itu diharapkan lebih menguntungkan setelah renovasi.

"Pasar 16 Ilir sudah didaftarkan jadi cagar budaya sekaligus dengan nama baru. Pergantian nama menjadi The Heritage 16 Ilir," ujar Wali Kota (Wako) Palembang, Harnojoyo, Rabu (24/5/2023).

Baca Juga: Pihak Swasta Kelola Pasar 16 Ilir, Janji Bangun Eskalator

1. Pengelola baru memaparkan konsep ke Pemkot

Pemkot Daftarkan Pasar 16 Ilir Palembang Sebagai Cagar BudayaWali Kota Palembang, Harnojoyo (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Pasar terbesar di Bumi Sriwijaya yang kini dikelola oleh PT Bima Citra Realty, bakal direnovasi menjadi lebih modern. Pengelola baru sudah menyampaikan perubahan konsep pasar secara langsung.

"Sudah paparan, kita sambut baik untuk kemajuan Pasar 16," kata dia.

Baca Juga: Pasar 16 Ilir Palembang Dikelola Pihak Ketiga, Biaya Sewa Bakal Naik 

2. Konsep baru dinilai makin memikat wisatawan

Pemkot Daftarkan Pasar 16 Ilir Palembang Sebagai Cagar BudayaSituasi pasar 16 ilir Kota Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Harnojoyo menilai, konsep terbaru Pasar 16 Ilir Palembang terlihat lebih ikonik dan makin memikat wisatawan untuk berkunjung ke Kota Pempek. Sebab situasi di Pasar 16 saat ini cukup sesak karena belum tertata.

"Selama ini masih belum maksimal, masih ada bangunan yang tidak sesuai dengan fungsinya. Kan, sayang kalau lantai tiga dan empat itu tidak difungsikan," timpalnya.

3. Pasar 16 Ilir Palembang diharapkan menjadi ikon kota

Pemkot Daftarkan Pasar 16 Ilir Palembang Sebagai Cagar BudayaKondisi pasar 16 Ilir Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Setelah renovasi Pasar 16 Ilir Palembang selesai, semua gedung akan dimanfaatkan maksimal dan berfungsi sesuai kebutuhan. Pasar 16 Ilir akan ditambah tangga otomatis untuk memudahkan transaksi pembeli dan pedagang.

"Harapannya setelah direnovasi akan berfungsi maksimal. Pada prinsipnya pedagang akan berjualan nyaman, dan masyarakat juga nyaman berbelanja di sana," jelas dia.

Baca Juga: Tersangka Pencabulan yang Viral Sumpah Pocong Ditangkap Polda Sumsel

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya