Pemekaran Palembang Jadi Kabupaten Seberang Ulu Terburu-buru 

Namun pemekaran  dibutuhkan untuk pemerataan pembangunan

Palembang, IDN Times - Pengamat Tata Kota Taufik Anwar menilai rencana Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang memekarkan daerah kawasan Seberang Ulu menjadi kabupaten terlalu tergesa-gesa.

"Deklarasi pemekaran ini seperti terburu-buru, padahal untuk memperluas otonomi daerah perlu trafik pembangunan signifikan," ujarnya, Selasa (1/11/2022).

Baca Juga: Rencana Pemisahan Seberang Ulu dari Palembang Tunggu Izin DPRD Sumsel

1. Rencana Kabupaten Seberang Ulu butuh kajian dan kesiapan

Pemekaran Palembang Jadi Kabupaten Seberang Ulu Terburu-buru Kantor Wali Kota Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Secara teknis Pemkot harus melibatkan pihak-pihak terkait untuk berdiskusi mengenai perkembangan daerah setelah dilakukan pemekaran.

"Perlu kajian lebih lanjut, sebab pemekaran wilayah membutuhkan proses yang panjang secara izin maupun kesiapan," kata dia.

Kendati menilai pemekaran Seberang Ulu menjadi kabupaten baru terlalu terburu-buru, namun dilihat dari kebutuhan maka pemekaran harus dilakukan untuk kemajuan kota.

"Pemisahan daerah tersebut bisa membantu pemerintah juga agar pembangunan lebih terfokus dan merata, antara Seberang Ilir dan Seberang Ulu," jelasnya.

Baca Juga: Palembang Tak Punya Data Anggota Keluarga Berisiko Stunting

2. Pemekaran dapat meningkatkan kemajuan pembangunan

Pemekaran Palembang Jadi Kabupaten Seberang Ulu Terburu-buru Kepadatan lalu lintas di Jalan Protokol Jenderal Sudirman Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Taufik menyampaikan, pemekaran kabupaten perlu terlaksana karena cakupan pemerintahan Palembang luas dan besar. Sehingga dari pemekaran, pemerintah bisa fokus melakukan pembangunan daerah dan tak terpecah.

"Paling tidak kalau sudah pisah, daerah Seberang Ulu ini lebih diperhatikan oleh pemerintah, dan diharapkan bisa lebih cepat maju dan mengejar ketertinggalan," kata dia.

3. Pemerintah tetap harus mengatasi masalah banjir dan sampah setelah pemekaran

Pemekaran Palembang Jadi Kabupaten Seberang Ulu Terburu-buru Suasana kota Palembang di pelataran Benteng Kuto Besak (BKB) (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Selain pemerintah bisa lebih fokus membangun wilayah, pekerjaan rumah yang harus diatasi adalah mengurangi masalah banjir jika pemekaran terwujud.

"Mau di Seberang Ilir atau Ulu, permasalahan pemerintah masih soal banjir dan sampah. Diharapkan dengan pemekaran, pemerintah bisa menyelesaikan masalah tersebut," jelasnya.

4. Pemisahan Seberang Ulu bisa meredam sentimental masyarakat

Pemisahan daerah Seberang Ilir dan Ulu di Palembang secara umum dilakukan untuk meredam komentar masyarakat, dan anggapan sentimental mereka soal ungkapan anak tiri pembangunan.

"Anggapan masyarakat ini merasa bahwa di Ulu tidak ada kemajuan. Sebab lewat pemekaran, masyarakat bisa merasa bahwa pemerintah sudah berupaya adil dalam melakukan pembangunan," kata dia.

Baca Juga: Banyak Warga Palembang Mengaku Miskin, Bansos Pun Tak Tepat Sasaran

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya