OKU Selatan Tak Buka Formasi CPNS 2021, Begini Penjelasannya

OKU Selata hanya mengajukan formasi PPPK bagi guru

Palembang, IDN Times - Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) mulai dibuka Juni 2021. Dari ribuan formasi yang dibuka untuk wilayah Badan Kepegawaian Negara Kantor Regional (BKN Kanreg) VII Palembang, hanya Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan yang tidak membuka formasi.

"Dari total kuota keseluruhan yang diajukan di Sumsel, hanya OKU Selatan yang tidak mengajukan formasi CPNS," ujar Kepala BKN Regional VII Palembang, Margi Prayitno kepada IDN Times, Jumat (21/5/2021).

1. Teknis formasi CPNS 2021 sesuai pengajuan instansi masing-masing

OKU Selatan Tak Buka Formasi CPNS 2021, Begini PenjelasannyaIlustrasi ujian komputer. ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi

Alasannya, OKU Selatan mengalami masalah pada anggaran. Sehingga tahun ini mereka hanya mengajukan Pegawai Pemerintah Perjanjian Kerja (PPPK) bagi tenaga pendidik atau guru.

"Karena sistem kuota ini alurnya sesuai arahan Menpan RB. Jadi Menpan RB membuka lowongan, lalu formasi diusulkan masing-masing instansi. Baru kami mengusulkan ke pusat dan disetujui," kata dia.

Baca Juga: Pemprov Sumsel Ajukan 7 Ribu Formasi untuk PPPK

2. Minta masyarakat aktif cek laman resmi pendaftaran CPNS 2021

OKU Selatan Tak Buka Formasi CPNS 2021, Begini PenjelasannyaKantor BKN regional Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Berdasarkan informasi yang diterima, pendaftaran CPNS akan berlangsung mulai awal Mei sampai Juni. Pembukaan formasi untuk Kemenkum HAM menjadi yang paling awal, selanjutnya baru instansi lain sesuai jadwal yang telah ditetapkan.

"Silakan cek laman resmi SSKBN dan Kemenkum HAM. Jika lulus pendaftaran, peserta segera ikut tes CAT Standar Kompetensi Dasar (SKD), Standar Kompetensi Bidang, hingga penetapan Nomor Induk Pegawai (NIP)," jelasnya.

3. Prediksi peminat pendaftar CPNS 2021 meningkat

OKU Selatan Tak Buka Formasi CPNS 2021, Begini PenjelasannyaIlustrasi tes sistem CAT seleksi CPNS. ANTARA FOTO/Harviyan Perdana Putra

Margi memprediksi, peminat pendaftaran CPNS 2021 bakal lebih banyak ketimbang periode sebelumnya. Sebab antusias masyarakat ingin menjadi ASN juga makin naik. Apalagi sekarang jaminan hidup bagi ASN diperhatikan pemerintah.

"Bisa naik pendaftar CPNS dari formasi 2019, ditambah formasi yang dibuka cukup banyak. Untuk Sumsel formasi yang diajukan 2.404 kuota, Jambi 1.164, Babel 1.093, dan Bengkulu 796 formasi. Jadi total ada 5.457 formasi CPNS di wilayah kerja kita," tandas dia.

Baca Juga: Wajib Tahu, Begini Lho Seleksi Kompetensi Dasar di CPNS 2021

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya