Comscore Tracker

Jaringan Telepon Telkomsel di Sumsel Lumpuh, Terungkap Ini Alasannya 

Gangguan terjadi pada layanan 2G dan 3G

Palembang, IDN Times - Operator jaringan seluler Telkomsel mengalami gangguan yang membuat pelanggan tidak dapat melakukan panggilan telepon. Marketing Communications Telkomsel wilayah Sumatra Bagian Selatan (Sumbagsel), Gumilar HN Ali mengatakan, gangguan terjadi karena Sentral Telepon Otomat (STO) di Pekanbaru Centrum terbakar.

Kebakaran itu pula menyebabkan terputusnya jaringan telepon di 2G dan 3G. Kendati demikan, Gumilar memastikan layanan internet tetap aktif dan bisa digunakan oleh pelanggan.

"Pelanggan Telkomsel di Sumbagsel bisa menggunakan jaringan 4G yang tetap aktif. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini," ujarnya kepada IDN Times, Selasa (11/8/2020).

1. Terjadi kebakaran di Pekanbaru Cetrum

Jaringan Telepon Telkomsel di Sumsel Lumpuh, Terungkap Ini Alasannya google

Kebakaran STO di Pekanbaru Centrum terjadi pada Selasa (11/8/2020) pukul 15.00 WIB. Namun api berhasil dipadamkan pada pukul 15.51 WIB. Telkomsel memastikan tidak ada korban jiwa atas kejadian tersebut.

"Penyebab kebakaran masih dalam proses investigasi, mohon dimaklumi," kata dia.

Baca Juga: Gedung Telkomsel di Pekanbaru Terbakar, Warga Mengeluh Sinyal Lumpuh 

2. Gangguan utama terjadi di Sumbagut dan Sumbagteng

Jaringan Telepon Telkomsel di Sumsel Lumpuh, Terungkap Ini Alasannya (Idntimes.com/dok.istimewa)

Akibat dari peristiwa tersebut, layanan Telkomsel khususnya di Wilayah Sumatera bagian Utara atau Sumbagut dan Tengah (Sumbagteng) juga mengalami gangguan. Pelayanan IndiHome dari STO bagi pelanggan yang berlokasi di Pekanbaru juga mengalami gangguan.

"TelkomGroup sedang melakukan mitigasi dan proses pemulihan layanan," ungkapnya.

3. Manajemen Telkom Group melayangkan permohonan maaf

Jaringan Telepon Telkomsel di Sumsel Lumpuh, Terungkap Ini Alasannya (Idntimes.com/dok.istimewa)

Menurut Vice President Corporate Communication Telkom, Arif Prabowo dalam siaran persnya di Jakarta, menyebut manajemen Telkom Group menyampaikan permohonan maaf kepada pelanggan khususnya yang terdampak.

"Terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu pemulihan peristiwa ini dan pelanggan setia. Semoga segera tertangani dan akan kami informasikan kembali setelah normal," tandas dia.

Baca Juga: Sinyal Telkomsel di Sumut Ikut Lumpuh, Ternyata Ini Penyebabnya

Topic:

  • Feny Maulia Agustin
  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya