Comscore Tracker

Gelora Sriwijaya Disebut Jadi Stadion Terbaik Jelang Piala Dunia U20 

Sebut punya rumput bagus dan fasilitas lengkap

Palembang, IDN Times - Direktur Utama PT Jakabaring Sport City (JSC), Meina Fatriani Paloh mengklaim, Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring (GSJ) menjadi lapangan terbaik di Indonesia sebagai kandidat penyelenggara Piala Dunia U-20 tahun 2021.

"Kita memiliki fasilitas lengkap yang memenuhi syarat. Karena kompleks JSC dilengkapi empat lapangan pendukung untuk latihan yang belum tentu dimiliki oleh lokasi lainnya. Dari stadion utama ke lapangan lain hanya berjarak 250 meter," ujarnya kepada IDN Times, Minggu (25/10/2020).

1. Utamakan kondisi rumput di setiap lapangan

Gelora Sriwijaya Disebut Jadi Stadion Terbaik Jelang Piala Dunia U20 PSSI isnpeksi kesiapan Stadion GSJ untuk penyelenggaraan FIFA World Cup U20 pada 2021 mendatang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Menurutnya dari progres perbaikan kawasan dan fasilitas yang masih berlangsung, penyelesaian renovasi di Stadion GSJ tinggal menghitung bulan. Sebab sebelum akhir tahun 2020, pihaknya berkomitmen menuntaskan pekerjaan.

"Paling utama kami memperhatikan kondisi rumput, apalagi perawatannya. Karena standar dunia dan lokal berbeda. Kondisi COVID-19 tidak menjadi hambatan bekerja asal pengumpulan anggaran tidak terhambat," kata dia.

Baca Juga: Jokowi Keluarkan Kepres, Herman Deru Yakin Tuan Rumah Piala Dunia U20

2. Lapangan pendukung turut diperbaiki

Gelora Sriwijaya Disebut Jadi Stadion Terbaik Jelang Piala Dunia U20 Penyiraman rumput stadion GSJ (IDN Times/Rangga Erfizal)

Meina menuturkan, kawasan JSC yang memiliki sejumlah fasilitas lapangan pendukung lainnya turut diperbaiki agar lebih layak dan dimanfaatkan sebagaimana fungsinya, maupun kepentingan jelang Piala Dunia U20.

"Semua lapangan sudah kita usulkan untuk disurvei. Mulai lapangan sepak bola atletik luar, lapangan sepak bola atletik dalam, lapangan baseball dan lapangan panahan," tuturnya.

3. Pemangkasan rumput di Stadion GSJ hampir tuntas

Gelora Sriwijaya Disebut Jadi Stadion Terbaik Jelang Piala Dunia U20 Pemotongan rumput stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring (IDN Times/Rangga Erfizal)

Sekretaris PT JSC Palembang, Mirza Mursalin manambahkan, pihaknya telah memperbaiki sejumlah fasilitas menjadi lebih baik, yakni mengecat kondisi fisik bangku-bangku di lapangan, selain meratakan rumput di Stadion GSJ.

"Pemangkasan rumput hampir tuntas dan memperbaiki taman di sekitar lapangan juga nanti harus selesai sesuai target yang sudah disepakati," tambah dia.

4. Pembenahan di area field of play sesuai rekomendasi PSSI dan Kementerian PUPR

Gelora Sriwijaya Disebut Jadi Stadion Terbaik Jelang Piala Dunia U20 Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Mirza melanjutkan, perbaikan sudah berada dalam penyelesaian pemerataan rumput melalui bantuan kontraktor yang sudah berpengalaman. Semua pembenahan katanya, sesuai rekomendasi tim teknis dari PSSI.

"Termasuk saran dari Kementerian PUPR untuk fokus pada area Field of Play (FOP) dan fasilitas pendukung di dalam stadion," tandas dia.

Baca Juga: Jelang Kunjungan FIFA, Renovasi Gelora Sriwijaya Baru 75 Persen

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya