Flyover Simpang Sekip Palembang Tahap 1 Telan Dana Rp69,7 Miliar

Total biaya Flyover Simpang Sekip mencapai Rp169,1 miliar

Palembang, IDN Times - Proyek jembatan layang atau Flyover Simpang Sekip Palembang dipastikan segera terlaksana. Pembangunan Flyover Simpang Sekip tahap satu akan menghabiskan dana Rp69,7 miliar.

"Pembangunan flyover akan mulai dilakukan untuk tahap satu di 2022 ini sepanjang 660 meter," ujar Wali Kota (Wako) Palembang, Senin (11/4/2022).

1. Rencana proyek Flyover Simpang Sekip Palembang sempat tertunda setahun

Flyover Simpang Sekip Palembang Tahap 1 Telan Dana Rp69,7 MiliarWali kota Palembang Harnojoyo di Musyawarah Rencana Pembangunan dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Rencana pembangunan Flyover Simpang Sekip Palembang merupakan program Pemerintah Kota (Pemkot) yang semestinya terlaksana pada 2021. Namun karena beberapa alasan, pengerjaan menjadi tertunda setahun.

"Memang pembangunan yang masuk proyek strategis nasional ini tertunda. Seharusnya tahun lalu dimulai, namun karena kendala teknis akhirnya dilaksanakan tahun ini. Insya Allah groundbreaking segera setelah proses tender dua bulan," ungkapnya.

Baca Juga: Pembebasan Lahan Flyover Simpang Sekip Tersisa 4 Persil 

2. Total biaya pembangunan Flyover Simpang Sekip Palembang senilai Rp169,1 miliar

Flyover Simpang Sekip Palembang Tahap 1 Telan Dana Rp69,7 Miliarilustrasi anggaran (IDN Times/Aditya Pratama)

Menurut Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappeda Litbang) Palembang,  Harrey Hadi, pengerjaan tahap awal dilakukan karena belum semua lahan selesai dibebaskan.

"Total anggaran pembangunan Rp169, 1 miliar, saat ini baru proses awal. Terkait persil yang belum dibebaskan, pembangunan ini tetap bisa jalan sebab pengerjaan pertama dilakukan di persil yang sudah selesai dibebaskan," jelas dia.

Baca Juga: Pemkot Palembang Targetkan Proyek Flyover Sekip Tuntas 2023 

3. Proyek fisik Flyover Simpang Sekip Palembang juga dimulai tahun ini

Flyover Simpang Sekip Palembang Tahap 1 Telan Dana Rp69,7 MiliarKepala Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapedda) Palembang, Harrey Hadi (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Kendati pengerjaan proyek Flyover Simpang Sekip di Palembang tidak dapat terselesaikan menyeluruh pada 2022, Pemkot Palembang memastikan tahapan yang telah terencana pengerjaan awal akan selesai dengan tepat waktu.

"Wali Kota sudah memastikan groundbreaking selesai tahun ini. Tapi pembangunan tidak semuanya diselesaikan. Pengerjaan tidak sekaligus langsung jadi, karena tahun ini dilakukan pengerjaan fisik," tandas dia.

Baca Juga: BBPJN Sumsel Siapkan Rp251 Miliar Bikin Flyover Sekip 

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya