Evaluasi Sepekan PTM, Palembang Tunda Belajar di Sekolah 100 Persen

Sebab pencapaian vaksinasi bagi anak sekolah masih 65 Persen

Palembang, IDN Times - Sepekan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) berlangsung di sejumlah sekolah di Palembang, ternyata pencapaian vaksinasi COVID-19 bagi anak dan remaja belum terealisasi menyeluruh.

Padahal sebelumnya Dinas Pendidikan (Disdik) Palembang telah memutuskan jika PTM dapat kembali normal dengan syarat siswa telah menerima vaksinasi COVID-19 tahap ketiga atau booster.

"Saat ini PTM masih uji coba 50 persen dulu, belum full. Sejak PTM 50 persen pada 9 Mei kemarin, kita berharap vaksinasi sudah semua. Tapi ternyata setelah dicek masih ada yang belum booster," ujar Kepala Disdik Palembang, Ahmad Zulinto, Jumat (13/5/2022).

1. Rencana PTM 100 persen belum dapat terealisasi

Evaluasi Sepekan PTM, Palembang Tunda Belajar di Sekolah 100 PersenIlustrasi siswa SMPN dan orang tuanya. (ANTARA FOTO/Septianda Perdana)

Melihat capaian vaksinasi COVID-19 pada anak yang belum sepenuhnya terlaksana, rencana PTM bakal diselenggarakan 100 persen pada pekan ketiga setelah pembelajaran perdana 9 Mei 2022 akan ditunda kembali.

"Setelah uji coba PTM 50 persen, rencana sebelumnya pembelajaran akan full 100 persen. Tetapi setelah diskusi dengan berbagai pihak, maka rencana itu belum dapat dilakukan," kata dia.

Baca Juga: Dinkes Sumbar Minta Hepatitis Misterius Tak Dikaitkan dengan Vaksin 

2. Masih ada 35 persen anak di Palembang belum vaksinasi

Evaluasi Sepekan PTM, Palembang Tunda Belajar di Sekolah 100 Persenilustrasi vaksinasi COVID-19 (IDN Times/Herka Yanis).

Alasan lain PTM belum 100 persen turut dipengaruhi masih ada beberapa orangtua yang belum memberikan izin untuk anak-anaknya menyelesaikan tahapan vaksinasi COVID-19. Padahal orangtua berperan dalam pencapaian vaksin 100 persen.

"Pembelajaran kurang maksimal jika dengan online. Kalau kondisi sekarang masih PPKM Level 3, sedangkan anak-anak yang divaksin baru 65 persen, Ada 35 persen lagi yang belum," jelasnya.

Baca Juga: Rindu Bertemu Anaknya, AR Malah Ditusuk Mantan Suami Siri

3. Dinkes Palembang kejar target vaksinasi anak hingga lebih dari 70 persen

Evaluasi Sepekan PTM, Palembang Tunda Belajar di Sekolah 100 PersenKantor Dinkes Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Palembang, Fenty Aprina, data vaksinasi anak di Palembang untuk dosis pertama baru 64,4 persen. Pihaknya terus berupaya mencapai angka vaksinasi hingga lebih dari 70 persen.

“Agar vaksinasi ini lebih dari 70 persen, akan dilakukan vaksinasi dari sekolah ke sekolah bekerja sama TNI-Polri,” tambah dia.

Baca Juga: Suhu Udara di Palembang 35,1 Derajat, Warga Diimbau Kenakan Pelindung 

4. Bakal lakukan vaksinasi door to door dengan data NIK

Evaluasi Sepekan PTM, Palembang Tunda Belajar di Sekolah 100 Persenilustrasi vaksin COVID-19 (IDN Times/Aditya Pratama)

Data vaksinasi menyeluruh di Palembang untuk lansia baru di angka 59,78 persen. Ke depan jika pencapaian sudah 60 persen, kondisi Palembang bisa turun menjadi PPKM Level 2.

"Sekarang kasus relatif aman karena pertambahan per hari 0-2 kasus saja. Kita akan door to door dengan data NIK untuk memenuhi target vaksinasi," tandasnya.

Baca Juga: Ratusan Ribu Orang di Sumsel Menganggur, Dominan Lulusan SMK

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya